Aprindo: Asian Games Bisa Tingkatkan Pendapatan Ritel hingga 20 Persen

Kompas.com - 23/05/2018, 21:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Asian Games 2018 pada Agustus mendatang diperkirakan bakal membawa dampak cukup signifikan bagi perekonomian Indonesia. Tak terkecuali dari sektor ritel.

Ketua Bidang Komunikasi dan Media Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Fernando Repi meyakini bahwa ajang empat tahunan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan perusahaan ritel.

"Perkiraan peningkatan pendapatan ritel ya karena cuma di dua tempat, Jakarta dan Palembang mungkin bisa kontribusi sampai 15-20 persen," kata Fernando di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Namun demikian, Fernando menyayangkan upaya pemerintah yang kurang melibatkan pengusaha ritel dalam mempromosikan Asian Games 2018.

Baca juga: Begini Cara Pengusaha Ritel Bertahan di Era Digitalisasi

Padahal, para pengusaha ritel yang tergabung dalam Aprindo siap meramaikan dengan memasang umbul-umbul di pusat perbelanjaan yang dikelolanya.

"Kalau Asian Games, peritel itu kan tempat orang berdagang. Kami berharap tentunya brand bisa memberikan banyak promo-promo di tempa kita, tetapi secara promosi kalau pemerintah bilang peritel pasang dong umbul-umbul atau apa ya pasti kita support," ungkap Fernando.

Sebelumnya, Kementerian Bappenas melansir bahwa total belanja selama ajang tersebut diprediksi mencapai Rp 3,6 triliun.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, rincian pengeluaran tersebut adalah Rp 2,5 triliun rupiah untuk penyelenggaraan acara di Jakarta. Di ibu kota, konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 70 persen.

Adapun di Palembang diperkirakan nilai belanja dapat mencapai Rp 1,1 triliun dengan konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 30 persen.

"Diestimasikan, 88 persen pengeluaran berasal dari penonton dan wisatawan, diikuti 4,67 persen pengeluaran oleh atlet, 3,96 persen pengeluaran awak media, 2,34 persen pengeluaran officials, dan 0,77 persen pengeluaran sukarelawan," ujar Bambang dalam pernyataannya pada April lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.