Menhub: Saya Dapat Laporan, Pilot Garuda Tunda Lakukan Aksi Mogok

Kompas.com - 03/06/2018, 13:47 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (3/6/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKOMenhub Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (3/6/2018).

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, para pilot Garuda Indonesia akan menunda aksi mogok mereka.

Kepastian itu diperoleh Menhub setelah berbicara dengan Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Mansury.

"Saya mendapatkan laporan dari Dirut Garuda bahwa para pilot itu menunda untuk melakukan mogok. Proses komunikasi akan dilakukan," kata Budi Karya kepada awak media di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (3/6/2018).

Baca juga: AP II Minta Pilot Garuda Tak Mogok Saat Musim Mudik Lebaran 2018

Ia bersama Pahala juga akan kembali melakukan komunikasi dengan para pilot Garuda Indonesia pada Senin (4/6/2018).

Komunikasi itu dilakukan agar para pilot tersebut bisa mengurungkan niat untuk mogok kerja.

"Dari itu semua, saya mengimbau para pilot, orang-orang terhormat, orang-orang pintar, untuk bekerja dengan suatu komunikasi yang baik. Jika dilkukan suatu intropeksi bersama tentunya berbagai pihak pasti ada jalan dan itu (mogok kerja) tidak akan terjadi, saya imbau itu tidak terjadi," ujarnya.  

Baca juga: Ombudsman Khawatir Arus Mudik Lebaran Kacau jika Pilot Garuda Mogok

Ancaman mogok kerja tersebut disampaikan para pilot Garuda Indonesia lantaran kecewa dengan beberapa hal dalam tubuh manajemen maskapai tersebut.

Salah satunya adalah perihal dihapuskannya posisi direktur operasi dan direktur teknik di internal perusahaan pada rapat umum pemegang saham (RUPS) April 2018. 

"Tidak ada direktur operasi dan direktur teknik itu berarti tidak ada penanggung jawab dalam audit Airport Operating Certificate (AOC). AOC itu istilahnya surat trayeklah kalau punya mikrolet," kata Bintang saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/5/2018).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X