Ingin Urus Visa? Ini Jadwal Kerja Kedutaan Korsel dan AS pada Libur Lebaran 2018

Kompas.com - 12/06/2018, 12:13 WIB
Ilustrasi: mengurus visa Alsadad RudiIlustrasi: mengurus visa

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Lebaran yang cukup panjang memang waktu yang cocok untuk berplesir ke luar negeri.

Namun, pelayanan visa di beberapa kedutaan besar negara-negara tujuan warga negara Indonesia ternyata memiliki waktu pelayanan visa yang berbeda-beda, terutama ketika libur Lebaran seperti saat ini.

Sehingga, jika Anda perlu untuk mengurus visa dalam waktu dekat, pastikan sudah melihat jam kerja pelayanan visa di masing-masing kedutaan besar negara tujuan Anda.

Misalnya saja, jika Anda ingin bertamasya ke Negeri Ginseng Korea Selatan, nampaknya Anda harus sedikit bersabar. Pasalnya, pelayanan visa Kedutaan Besar Korea Selatan memiliki waktu libur mengikuti cuti bersama pemerintah Indonesia, yaitu pada tanggal 11 Juni hingga 20 Juni 2018.

Salah seorang staf Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia ketika dihubungi Kompas.com pada Senin, (11/6/2018) mengatakan, pelayanan Visa baru akan berjalan normal pada hari Kamis, (21/6/2018) mendatang.

"Selama lebaran, pengurusan visa libur dulu, baru akan buka lagi tanggal 21," ujar dia.

Sementara itu, untuk jam operasional, penerimaan apikasi visa dilakukan setiap Senin hingga Jumat pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB.

Adapun untuk pengambilan visa yang sudah jadi dapat dilakukan setiap hari Senin hingga Jumat pukul 13.30 WIB hingga 17.00 WIB.

Umumnya, waktu yang dibutuhkan dalam memproses visa, paling cepat memakan waktu 6 hari setelah berkas aplikasi dimasukkan.

Sementara untuk multiple entry atau group visa, proses pengurusan visa hanya memakan waktu 1 hari kerja.

Berbeda dengan Kedubes Korea Selatan, pelayanan visa di Kedutaan Besar Amerika Serikat selama cuti lebaran jika dilihat melalui laman resminya berlangsung seperti biasa.

Pelayanan visa baru akan libur pada tanggal 15 Juni 2018. Untuk waktu pelayanan, aplikasi dan pengambilan visa dapat dilakukan setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X