Kompas.com - 16/06/2018, 08:35 WIB
Direktur Operasional Lion Air Group Captain Daniel Putut Adi Kuncoro KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERADirektur Operasional Lion Air Group Captain Daniel Putut Adi Kuncoro

JAKARTA, KOMPAS.com - Lion Air Group berencana melebarkan sayap dengan membuka rute penerbangan baru ke negara-negara di Eropa dalam tahun ini.

Rencana tersebut didorong oleh pencabutan larangan terbang seluruh maskapai asal Indonesia oleh Uni Eropa pada Kamis (14/6/2018).

"Dari Lion Air Group sendiri, memang beberapa airlines yang kami operasikan punya rencana atau target memiliki pesawat berbadan lebar yang bisa terbang dari Indonesia ke Eropa maupun Amerika," kata Direktur Operasional Lion Air Group Daniel Putut Adi Kuncoro saat ditemui Kompas.com di kediaman Menteri Perhubungan, Jakarta Selatan, Jumat (15/6/2018) malam.

Daniel mengatakan, Lion Air Group saat ini sudah memiliki tiga pesawat berbadan lebar atau wide body.

Pesawat maskapai Lion Air, yakni Airbus 330-300 nomor penerbangan JT-118, membawa ratusan jamaah umrah langsung dari Balikpapan ke Madinah. Rute ini akan berlangsung rutin 1 kali dalam 1 minggu.Kompas.com/Dani J Pesawat maskapai Lion Air, yakni Airbus 330-300 nomor penerbangan JT-118, membawa ratusan jamaah umrah langsung dari Balikpapan ke Madinah. Rute ini akan berlangsung rutin 1 kali dalam 1 minggu.
Ketiga pesawat tersebut terdiri dari dua unit Airbus A330 yang ditempatkan di Indonesia dan Thailand serta satu unit Boeing 747 (Jumbo Jet) di Indonesia.

Ke depan, pihaknya masih dalam proses diskusi baik dengan pihak Boeing maupun Airbus untuk pembelian pesawat wide body berikutnya.

Daniel memastikan, Lion Air Group akan memilih pesawat yang dinilai efisien untuk terbang ke Eropa maupun Amerika nantinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami mau lihat market dulu seperti apa. Karena kami sudah punya pesawatnya dan market bisa kami evaluasi, segera kami terbangkan tahun ini," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.