Ribuan Personel Telkom Siaga Hadapi Lonjakan Trafik Komunikasi - Kompas.com

Ribuan Personel Telkom Siaga Hadapi Lonjakan Trafik Komunikasi

Kompas.com - 18/06/2018, 10:55 WIB
Telkom memastikan kelancaran jaringan yang mendukung pelayanan closed circuit television (CCTV) yang dioperasikan Kementerian Perhubungan dan Polri di jalur mudik dan balik Lebaran. Terutama, di lintas Jawa.KOMPAS.com/Reni Susanti Telkom memastikan kelancaran jaringan yang mendukung pelayanan closed circuit television (CCTV) yang dioperasikan Kementerian Perhubungan dan Polri di jalur mudik dan balik Lebaran. Terutama, di lintas Jawa.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyiagakan puluhan ribu personel untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi selama libur Lebaran 2018.

Puluhan ribu personel itu disiagakan di Posko TelkomGroup Siaga Ramadan dan  Idul Fitri (RAFI) mulai dari 8 Juni hingga 21 Juni 2018.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, Telkom memastikan jaringan telah siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama libur Lebaran 2018.

“Dukungan penuh 18.393 Personel yang Siaga selama 7x24 jam dan tersebar di 98 Posko TelkomGroup Siaga RAFI 2018 diharapkan dapat menambah rasa nyaman berkomunikasi dan memberikan manfaat yang maksimal bagi pelanggan dan seluruh masyarakat selama libur Lebaran," kata Arif dalam keterangan tertulis, Senin (18/6/2018).

(Baca: Brand Value Tembus Rp 72 Triliun, Telkom Satu-satunya Perusahaan RI di Global)

Arif menambahkan, Telkom telah siap menghadapi lonjakan trafik untuk memberikan pelayanan maksimum kepada masyarakat.

Untuk itu, Telkom mengantisipasinya dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah tujuan mudik dan juga di lokasi wisata.

"Telkom menyiagakan layanan tidak kurang dari 368.12 ribu akses poin wifi.id dan Wifi Corner (WiCo) di beberapa titik strategis di mana pelanggan melakukan aktivitas di luar rumah seperti di bandara, stasiun kereta api, mall, atau lokasi wisata," imbuh Arif.

Di sisi lain, Telkomsel sebagai anak perusahaan TelkomGroup juga telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik.

(Baca: Jaringan CCTV Pemantau Arus Mudik Dipastikan Lancar)

Secara khusus, Telkomsel melakukan upgrade jaringan di jalur mudik Jawa-Sumatera untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Arif menyatakan bahwa kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkom dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI.

"Pada periode tersebut, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI," ucapnya.

Pada RAFI tahun ini, Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data yang cukup signifikan dibandingkan hari normal.

(Baca: Akan Meluncur Juli-Agustus, Pembangunan Sateleti Telkom 4 Hampor 100 Persen)

Peningkatannya disebut Arif sekitar 137 persen dibandingkan tahun lalu. Hal itu terjadi karena perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan yang kini didominasi penggunaan layanan data.

"Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI 2018 didukung lebih dari 171.000 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memaksimalkan penggunaan layanan data," ujar Arif.


Komentar
Close Ads X