Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Pelabuhan Diminta Patuhi Standar Keamanan Kapal

Kompas.com - 20/06/2018, 13:53 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar semua pelabuhan dan dermaga di Indonesia untuk semakin memperhatikan keamanan para penumpang kapal.

Hal itu ditegaskannya menyusul adanya insiden kecelakaan Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba, Senin lalu.

"Saya mengimbau semua pelabuhan di Indonesia untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan terutama berkaitan keamanan penumpang dan awak kapal dengan baik," kata Budi Karya di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (20/6/2018).

(Baca: Kapal Tenggelan di Danau Toba, Ini Kata Menhub)

Pelaksanaan ketentuan terkait keamanan tersebut bisa dilakukan di antaranya dengan memerhatikan jumlah penumpang kapal. Ia pun meminta agar penumpang tidak melebihi kapasitas kapal.

"Manifest harus dibuat dan ditunjukkan dengan jumlah penumpang kurang dari jumlah maksimal. Makanya saya minta semua stakeholder di pelabuhan mengawasi itu," ujarnya.

Hal lainnya yang juga menjadi perhatian Budi Karya adalah semua kapal motor penumpang harus lulus uji KIR dan memiliki surat persetujuan berlayar.

"Dengan kita taat aturan maka Insya Allah kita bisa mendapatkan keselamatan sesuai dengan apa yang kita inginkan," kata Budi Karya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com