Manajemen RupiahPlus Pecat Karyawannya yang Langgar Tata Cara Penagihan

Kompas.com - 02/07/2018, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen perusahaan financial technology (fintech) RupiahPlus telah mengambil tindakan bagi karyawannya yang telah melakukan penagihan tak sesuai prosedur.

Direktur RupiahPlus Bimo Adhiprabowo menyatakan tindakan penagihan itu dilakukan oleh tim collection. Beberapa orang di dalamnya pun telah diputus masa kerjanya.

"Tim collection itu ada 100 orang dan sekitar lima sampai enam orang sudah di-terminated dan investigasi masih on going," kata Bimo saat jumpa pers di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Namun demikian, Bimo menambahkan bahwa manajemen RupiahPlus terus melakukan penyelidikan untuk memverifikasi apakah tim penagih itu dari internalnya atau bukan.

Bimo pun mengakui, penagihan yang dilakukan atas nama RupiahPlus dan kemudian viral di media sosial tak sesuai standard of procedure (SOP) perusahaannya.

"Secara SOP jelas itu tidak sesuai, tetapi karena mungkin tim RupiahPlus energik dan termotivasi dengan keadaan fintech yang growing dan mau membuktikan yang terbaik maka ada beberapa oknum atau staf kami melakukan kesalahan kepada nasabah maupun relasi nasabah kami," jelasnya.

Di sisi lain, Bimo tak menutup kemungkinan untuk memutus kembali kontrak kerja karyawannya jika nantinya terbukti melakukan kesalahan yang merugikan nasabahnya.

"Tergantung kesalahan yang dia lakukan berdasarkan SOP dalam kontrak kerja yang mereka tandatangani. Kalau harus di-terminated saat itu juga, perusahaan tidak ragu untuk terminate," pungkas Bimo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.