Untuk Masa Depan Cerah, 5 Tips Keuangan Ini Bisa Diterapkan Millenial

Kompas.com - 11/07/2018, 19:43 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Milenial menjadi generasi yang saat ini sering diperbincangkan karena gaya hidupnya yang banyak berbeda dengan generasi sebelumnya.

Kaum milenial harus tahu dan paham cara pengaturan keuangan, terutama ketika memasuki kepala tiga. Tanggung jawab secara materil menjadi tantangan tersendiri untuk dipecahkan, oleh karena itu generasi milenial harus mempersiapkan hal ini untuk masa depan keuangan cerah.

Berikut tips-tips yang bisa kaum milenial terapkan untuk mengatur keuangan:

1. Menabung

Menyimpan uang seharusnya menjadi prioritas bagi generasi milenial. Tabungan ini selain bisa menjadi investasi masa depan juga bisa menjadi dana darurat ketika kamu melalui masa ekonomi yang sulit. Dana simpanan ini juga dapat membantu jika ada pengeluaran tak terduga seperti darurat medis.

Selain itu, menyimpan uang juga bisa menjadi keunggulan tersendiri jika Anda punya rencana jangka panjang seperti membeli rumah atau merencakan liburan impian Anda.

2. Catat Setiap Pengeluaran Penting

Mengambil kendali dengan menguasai anggaran Anda adalah hal yang tepat. Pencatatan secara berkala dan penuh kendali akan membantu mencapai semua tujuan Anda di masa depan.

Mengatur pengeluaran agar stabil dan tidak melampui batas pendapatan Anda. Jangan ketika menerima gaji Anda langsung berfoya-foya, tapi sisakan untuk persiapan ke depan. Terlalu sering menghabiskan gaji Anda, maka kemungkinan mengalami kesulitan ketika berurusan dengan pengeluaran tak terduga.

3. Persiapan Pensiun

Terlalu dini mempersiapkan hal ini? Padahal pensiun adalah satu hal yang tidak bisa dihindarkan, karena setiap manusia pasti akan tua dan mengalami ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X