Untuk Masa Depan Cerah, 5 Tips Keuangan Ini Bisa Diterapkan Millenial - Kompas.com

Untuk Masa Depan Cerah, 5 Tips Keuangan Ini Bisa Diterapkan Millenial

Kompas.com - 11/07/2018, 19:43 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Milenial menjadi generasi yang saat ini sering diperbincangkan karena gaya hidupnya yang banyak berbeda dengan generasi sebelumnya.

Kaum milenial harus tahu dan paham cara pengaturan keuangan, terutama ketika memasuki kepala tiga. Tanggung jawab secara materil menjadi tantangan tersendiri untuk dipecahkan, oleh karena itu generasi milenial harus mempersiapkan hal ini untuk masa depan keuangan cerah.

Berikut tips-tips yang bisa kaum milenial terapkan untuk mengatur keuangan:

1. Menabung

Menyimpan uang seharusnya menjadi prioritas bagi generasi milenial. Tabungan ini selain bisa menjadi investasi masa depan juga bisa menjadi dana darurat ketika kamu melalui masa ekonomi yang sulit. Dana simpanan ini juga dapat membantu jika ada pengeluaran tak terduga seperti darurat medis.

Selain itu, menyimpan uang juga bisa menjadi keunggulan tersendiri jika Anda punya rencana jangka panjang seperti membeli rumah atau merencakan liburan impian Anda.

2. Catat Setiap Pengeluaran Penting

Mengambil kendali dengan menguasai anggaran Anda adalah hal yang tepat. Pencatatan secara berkala dan penuh kendali akan membantu mencapai semua tujuan Anda di masa depan.

Mengatur pengeluaran agar stabil dan tidak melampui batas pendapatan Anda. Jangan ketika menerima gaji Anda langsung berfoya-foya, tapi sisakan untuk persiapan ke depan. Terlalu sering menghabiskan gaji Anda, maka kemungkinan mengalami kesulitan ketika berurusan dengan pengeluaran tak terduga.

3. Persiapan Pensiun

Terlalu dini mempersiapkan hal ini? Padahal pensiun adalah satu hal yang tidak bisa dihindarkan, karena setiap manusia pasti akan tua dan mengalami ini.

Sebagai milenial, penting untuk merencanakan hal yang satu ini. Jaminan sosial, menjadi penting untuk dipertimbangkan. Jika perkerjaan Anda saat ini menjaminkan masa pensiun dengan aman, mungkin Anda tidak akan terlalu terbebani. Namun, jika tidak? Nah, mulai dari sekarang kamu bisa menabung untuk dana pensiunmu kelak. Tentukan tabungan jangka pajang dengan bunga rendah.

Selain itu, mengikuti asuransi masa tua/ pensiun juga bisa dijadikan pertimbangan. Karena Anda akan terlindungi secara finansial ketika masa pensiun datang. Jangan lupa memilih penyedia asuransi yang terpercaya ya!

4. Pengelolaan Utang

Utang menjadi satu diantara akibat yang ditimbulkan karena konsumerisme yang dilakukan kaum milenial. Jumlah pendapatan yang timpang, serta kebutuhan untuk tetap diakui menjadi faktor pendorong yang kuat. Sayangnya, kaum milenial terlalu abai dengan akibat yang akan ditimbulkan. Kaum milenial perlu mengatur kebutuhan, keinginan dan keperluan sebaik mungkin.

Begitu memiliki utang terutama ketika dalam belum mendapat pekerjaan, penting sekali untuk segera menyelesaikannya. Kamu harus bekerja keras dalam hal ini, jika ingin melunasi sendiri maka harus menabung untuk jangka waktu tertentu hingga bisa dilunasi. Mencari pekerjaan paruh waktu atau freelance bisa jadi pilihan.

Jika sudah bekerja, mungkin mengambil pinjaman dengan bunga yang kecil. Jangan sekali-kali menjatuhkan diri dalam "investasi" kalau Anda belum bisa memenuhi kewajiban yang satu ini.

5. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit


Memiliki kartu kredit di usia muda sebenarnya belum di rasa perlu. Selain pemasukan yang belum besar, Anda mungkin akan dibebani dengan tagihan karti kredit yang melambung tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya jauhi kartu kredit sampai kamu benar-benar bisa mengelola keuangan dengan bijak.

Fokuskan diri Anda untuk lebih menggunakan pendapatan sebagai investasi masa depan. Semakin cepat Anda dapat melakukan ini, semakin banyak peluang yang akan Anda miliki di masa depan. Pengaturan pengeluaran ini memberi Anda kekuatan untuk berhenti melakukan hal itu.

Komentar
Close Ads X