Inilah Beberapa Produk China yang Dikenai Sanksi Tarif oleh AS - Kompas.com

Inilah Beberapa Produk China yang Dikenai Sanksi Tarif oleh AS

Kompas.com - 12/07/2018, 07:30 WIB
Ilustrasi perang dagangThinkstock.com/andriano_cz Ilustrasi perang dagang

NEW YORK, KOMPAS.com - Presiden Trump pada Selasa (10/7/2018) waktu setempat baru saja memublikasikan daftar barang impor China yang akan dikenakan tarif bea masuk 10 persen. Nilai perdagangan produk impor China tersebut memiliki total nilai sekitar 200 miliar dollar AS per tahun.

Sebelumnya, pada Jumat (3/7/2018), Amerika Serikat telah secara efektif memberlakukan bea masuk sebesar 25 persen untuk produk impor China senilai 34 miliar dollar AS yang berupa, pemanas air, X-Ray, komponen mesin, roda pesawat, dan produk industri lain.

China pun segera membalas dengan mulai efektif memberlakukan tarif dengan nilai 34 miliar dollar AS terhadap produk Amerika seperti kedelai, daging babi, dan kendaraan listrik.

Pada daftar yang dirilis hari Selasa lalu, AS menargetkan produk-produk manufaktur penting untuk keperluan industri. Produk tersebut berupa barang elektronik, tekstil, baja dan suku cadang otomotif.

Selain produk industri tersebut, juga beberapa produk secara spesifik disebutkan, seperti kulkas, tas, kapas, dan baja serta alumunium China.

Adapun produk makanan dan produk konsumsi pribadi yang turut berada dalam datar produk yang dikenai tarif bea masuk kali ini.

Beberapa produk tersebut berupa bahan pangan olahan dari ikan seperti sarden, tuna dan ikan cod. Begitu pula dengan produk makanan lain seperti bawang, kubis, jeruk dan ceri.

Bahkan, beberapa produk kecantikan juga nampak terlihat dalam daftar produk China yang dikenai tarif impor, seperti shampo dan alat make up.



Close Ads X