AirAsia X Tambah Pesanan Pesawat A330neo Sebanyak 34 Unit

Kompas.com - 20/07/2018, 07:15 WIB
Pesawat Airbus A330-900 yang dipesan AirAsia X dok AirAsia X, AirbusPesawat Airbus A330-900 yang dipesan AirAsia X

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia X telah memesan 34 pesawat lorong ganda A330neo di Farnborough Air Show Inggris.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/7/2018), pembelian tersebut diumumkan oleh AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Group Chief Executive Officer Kamarudin Meranun, Chairman of AirAsia X Tan Sri Rafidah Aziz, dan Airbus Chief Commercial Officer Eric Schulz.

Namun demikian, tidak disebutkan nilai kontrak pesanan tersebut.

Baca: AirAsia Disebut Beli 100 Unit Airbus Senilai 23 Miliar Dollar AS

Melalui pemesanan tersebut, total pesawat A330neo yang dipesan AirAsia X menjadi 100 unit pesawat. Seluruh pesawat A330neo yang dipesan oleh AirAsia X merupakan model yang lebih besar, yakni A330-900.

Dalam keterangannya, pesawat tersebut memungkinkan penerbangan non-stop ke Eropa, termasuk rute Kuala Lumpur menuju London. Selain itu, pesawat A330neo memungkinkan AirAsia X mengembangkan model bisnis penerbangan jarak jauh dengan harga operasional yang lebih rendah.

A330neo juga akan memungkinkan para penumpang untuk terbang lebih jauh dengan tarif yang sangat kompetitif.

AirAsia X akan menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan A330neo di Asia, dengan pengiriman pesawat pertama dijadwalkan pada Q4 2019. A330neo akan dioperasikan oleh AirAsia X di Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

“Penerbangan jarak jauh berbiaya rendah adalah sesuatu yang sangat kami percayai, dan pemesanan ini mencerminkan keyakinan kami pada model bisnis AirAsia X," kata AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Group Chief Executive Officer Kamarudin Meranun.

AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Co-Group Chief Executive Officer Tan Sri Tony Fernandes menambahkan pesanan atas 66 A330neo yang sebelumnya dan penambahan 34 pesawat lagi, merupakan hasil evaluasi terhadap industri penerbangan.

"Kami telah melihat setiap sisi A330neo mulai dari kinerja teknis dan keandalan hingga kenyamanan penumpang dan jelas inilah pesawat yang tepat untuk mendukung kami memperluas jaringan penerbangan jarak jauh secara efisien,” kata dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X