Perluas Distribusi Gas, PGN Alirkan Gas Bumi ke Pabrik Tali Sepatu

Kompas.com - 25/07/2018, 15:11 WIB
PGN alirkan gas bumi ke pabrik tali sepatu di Pasuruan, Jawa Timur DOK PGNPGN alirkan gas bumi ke pabrik tali sepatu di Pasuruan, Jawa Timur

PASURUAN, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terus memperluas pemanfaatan gas bumi di Jawa Timur. Salah satu contohnya, yaitu dengan mengaliri gas ke PT Rajawali Cakra Sakti, di Kemirisewu Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

Pabrik produksi tali sepatu ini pun untuk kali pertamanya menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar setelah sebelumnya menggunakan batu bara.

Direktur Utama PT Rajawali Cakra Sakti Randy Setyawan mengatakan, sangat gembira dengan mulai tersalurkannya gas bumi tersebut. Ini karena dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaannya dibanding menggunakan batu bara.

Sebagai contoh, Randy mengaku dengan menggunakan gas volume produksi pabrik meningkat sebesar 15 persen. Selain itu, perusahaannya kini tidak memerlukan tempat lagi untuk penyimpanan seperti ketika menggunakan batu bara.

Baca juga: Kawasan Industri Terintegrasi JIIPE Gresik Gunakan Gas Bumi PGN

“Apalagi bahan bakar ini sangat ramah lingkungan, berbeda dengan batu bara. Disamping itu, kami juga belum menemukan kesulitan dalam penggunaannya, karena kami dibantu tim dari PGN. Gas ini kami gunakan untuk pewarnaan benang,” ujar Randy.

Tercatat pada 2018 ini, PT Rajawali Cakra Sakti menggunakan gas bumi dari PGN dengan volume sebesar 10.000–15.000 meter kubik (m3).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, pada tahun depan volume penggunaan gas di perusahaan tersebut akan naik dua kali lipat. Hal ini dimungkinkan mengingat ada rencana pengembangan usaha, yaitu berupa pencucian kain bahan baku pembuatan sepatu dan sandal di pabrik itu.

Randy menuturkan, saat ini perusahaan yang dipimpinnya secara berkelanjutan telah memproduksi tali sepatu sebesar 50 ton per bulan. Hasil produksi tersebut sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan pabrik alas kaki merk Ando.

Distribusi gas bumi di Jatim

Sales area head PGN Pasuruan Agus Mustofa Hadi menyatakan, masuknya PT Rajawali Cakra Sakti sebagai pelanggan PGN menunjukkan bahwa perusahaan gas negara memiliki komitmen  kuat untuk memperluas penyaluran gas bumi di seluruh Jatim.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.