Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Siapkan Dana "Tak Terbatas" untuk Investasi di Indonesia

Kompas.com - 02/08/2018, 08:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Qatar melalui Qatar Investment Authority (QIA) siap menggelontorkan dana cukuo besar untuk berinvestasi di 10 destinasi wisata di Indonesia yang disebut sebagai Bali Baru.

Hal tersebut disampaikan Chief Executive Officer (CEO) QIA Sheikh Abdullah bin Mohammed bin Saud Al Thani selepas penandatanganan nota kesepahaman atau MoU perjanjian investasi dengan pemerintah, Rabu (1/8/2018).

"Berapapun angkanya akan kami berikan untuk 10 destinasi itu," kata Sheikh Abdullah di Kantor Kedubes Qatar, Jakarta.

Baca: Pemerintah Teken Kerja Sama Pengembangan 10 Bali Baru dengan Qatar

Dia menyatakan, biaya investasi tanpa batas itu telah siap diberikan QIA sejak penandatanganan perjanjian diselesaikan. Untuk itu, dia menambahkan tak ada jangka waktu pasti perihal investasi 10 Bali Baru tersebut.

Adapun investasi yang dilakukan oleh QIA meliputi pembangunan hotel dan juga infrastruktur penunjang di kawasan destinasi baru yang dicanangkan pemerintah.

Untuk saat ini, kawasan Mandalika di Lombok telah menjadi sasaran investasi QIA.

"Di Lombok kami akan bangun hotel dan juga sarana penunjang seperti jalan dan juga di bandaranya. Kami ingin ke sana," imbuh Sheikh Abdullah.

Sementara itu, Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menginformasikan bahwa Pemerintah Qatar telah menandatangani perjanjian senilai 500 juta dollar AS untuk investasi di Mandalika.

"Tadi kita tandatangani investasi 500 juta dollar AS untuk pembangunan hotel oleh perusahaan dari Qatar, Accor yang akan membangun hotel bintang 5 di Mandalika," kata Luhut kepada awak media di kantornya, Rabu (1/8/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com