Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Euro 4 Bakal Untungkan Perekonomian Dalam Negeri

Kompas.com - 09/08/2018, 17:47 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis Euro 4 tak hanya mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan udara, melainkan juga terhadap perekonomian Indonesia.

Asisten Deputi Pelestarian Lingkungan Hidup Kemenko Perekonomian Dida Gardera keuntungan ekonomi tersebut tak terlepas dari sifat Euro 4 yang ramah lingkungan.

“Dari beberapa riset diperkirakan kerugian ekonomi akibat kemacetan dan pencemaran bisa mencapai Rp 40 triliun,” ucap Dida saat menghadiri Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Dida menambahkan, penerapan BBM Euro 4 akan membuat produk otomotif yang dirakit di dalam negeri dapat dengan mudah menembus pasar ekspor.

Hal itu tak terlepas dari keuntungan dari sisi lingkungan hidup yang dapat dihasilkan oleh BBM Euro 4. BBM Euro 4 membuat penurunan polutan dan emisi gas buang rata-rata mencapai 50 persen.

"Dari sisi pertumbuhan ekonomi ini jelas menguntungkan,” imbuh Dida.

Oleh sebab itu, Kemenko Perekonomian mendorong semua pihak terkait untuk bisa mempercepat penggunaan BBM Euro 4.

"Target kita 18 bulan, tapi bisa dipercepat 2 bulan, bahwa kita sudah siap BBM Euro 4. Ini optimistis, dari sisi lingkungan dan ekonomi juga positif," sambung Dida.

Percepatan itu dijelaskan Dida juga tak terlepas dari pagelaran Asian Games 2018 pada Agustus hingga September dan juga pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali Oktober mendatang.

Di sisi lain, Dida juga mengonfirmasi bahwa industri otomotif nasional sudah siap menerapkan BBM Euro 4 ini. Kesiapan tersebut kemudian memunculkan konsekuensi bahwa kendaraan bermotor baru yang dijual pada Agustus 2018 wajib memenuhi standar Euro 4.

Namun demikian, kata Dida, mobil berbahan bakar Euro 2 masih dibolehkan beredar dan tersedia jenis bahan bakarnya.

"Jadi prosesnya tetap berjalan seperti biasa sampai nanti kilang-kilang Pertamina mampu memenuhi semua kebutuhan standar BBM Euro 4,” pungkas Dida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com