Wajah Baru dan Kesiapan Bandara SMB II Sambut Asian Games 2018

Kompas.com - 16/08/2018, 16:54 WIB
Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin meninjau kesiapan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang menjelang gelaran Asian Games 2018. Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin meninjau kesiapan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang menjelang gelaran Asian Games 2018.

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dua hari jelang gelaran Asian Games 2018, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin melakukan kunjungan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II), Palembang, Sumatera Selatan.

Dari pantauannya, ia menyatakan bahwa bandara tersebut sudah sangat siap menyambut ajang olahraga internasional tersebut.

"Terima kasih pada teman-teman yang bertugas di sini (SMB II). Persiapannya sudah diselesaikan dengan baik,” ujarnya usai berkeliling bandara, Kamis (16/8/2018).

Sejumlah hal, terutama yang berkaitan dengan layanan dan fasilitas terkait Asian Games 2018 mencuri perhatiannya. Di antaranya, sky bridge, relayout untuk  pengoptimalan kapasitas bandara, dan penambahan parking stand.

Sky bridge difungsikan untuk mengintegrasikan bandara dengan fasilitas transportasi umum, yakni Light Trail Transit (LRT). Adapun jembatan ini sudah mulai diuji coba sejak Juli 2018.

Kemudian relayout atau tata ulang letak bandara bertujuan pengoptimalan kapasitas pengunjung bandara. Ini dibutuhkan untuk mengantisipasi meningkatnya pengunjung bandara saat Asian Games 2018 mulai.

"Dulu, kapasitas agak terbatas. Dengan adanya relayout dan penambahan space, akhirnya menyelesaikan kondisi gedung terminal yang sebelumnya dirasa sempit,” tambahnya.

Dengan adanya penambahan luas itu, pihak SMB II optimis bandara mampu mengantisipasi penambahan pengunjung, utamanya pada tanggal 16-18 Agustus 2018 yang dianggap sebagai hari di mana pengunjung sedang tinggi.

"Pengunjung bandara pada hari-hari biasa rata-ratanya adalah 12.000 orang. Kenaikannya bisa sampai 3.000 orang pada besok atau lusa,” imbuh Executive General Manager SMB II Bayuh Iswantoro.

Terakhir, penambahan parking stand menjadi total 14. Ini memudahkan pergerakan pesawat yang datang dan berangkat dari sini. Terlebih saat ini sudah ada tambahan satu pergerakan pesawat dari bandara tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X