Gudang Garam Telah Kucurkan Rp 1 Triliun Untuk Bandara Kediri

Kompas.com - 29/08/2018, 05:24 WIB
Ilustrasi landasan pacu bandara Thinkstockphotos.comIlustrasi landasan pacu bandara

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Gudang Garam enggan terbuka soal berapa dana yang disiapkan umtuk pembangunan bandara di Kediri.

Direktur Gudang Garam Istata Taswin Siddharta mematok angka Rp 1 triliun hingga Rp 10 triliun. Sejauh ini, anggaran yang baru dikeluarkan Gidang Garam sekitar Rp 1 triliun.

"Per hari ini sudah keluar belum terlalu banyak, sekitar Rp 1 triliun," ujar Istata di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Namun, Gudang Garam belum bisa memprediksi berapa anggaran yang dikeluarkan hingga akhir 2018. Istata juga tak mematok target kapan pembangunan bandara rampung.

"Kalau mau realistis, tidak mungkin satu atau dua tahun," kata Istata.

Istata mengatakan, selama ini pemerintah mendukung penuh di tengah kendala yang ada. Hingga saat ini, belum bisa dipastikan apakah Gudang Garam akan menggandeng investor lain dalam pembangunan bandara tersebut.

"Kami masih open dan belum memutuskan apakah akan menggandeng," kata Istata.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bilang, pembangunan bandara tersebut akan dimulai tahun ini. Ia bilang PT Gudang Garam, Tbk akan berinvestasi senilai Rp 5 triliun untuk pembangunan Bandara Kediri. Ia berharap pada 2019 bisa dilakukan soft opening.

Bandara Kediri saat ini dalam tahap penetapan lokasi dan pematangan desain. Pembangunan bandara ini akan dilakukan di lahan seluas 450 hektare. Rencananya, landasan pacu bandara ini akan dibangun sepanjang 3.000 meter.

Mulanya, proyek bandara Kediri oleh Gudang Garam masuk Proyek Strategis Nasional (PSN). Namun, pada April 2018, Budi Karya menyatakan bahwa bandara itu batal masuk PSN tanpa membeberkan alasan detilnya.

"Meski tidak masuk PSN, proyek tersebut masih akan tetap berjalan cuma nanti ada payung hukum baru yang akan memudahkan dalam pembebasan lahan layaknya PSN," kata Budi Karya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X