Kemenhub Tegaskan Tak Akan Ada Aplikasi Transportasi Online Milik Pemerintah

Kompas.com - 20/09/2018, 11:58 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, Budi Setiyadi saat berkunjung di PT Pura Barutama Kudus, Jawa Tengah, Jumat (20/7/2018).  KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTODirektur Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, Budi Setiyadi saat berkunjung di PT Pura Barutama Kudus, Jawa Tengah, Jumat (20/7/2018). 

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengklarifikasi persoalan aplikasi transportasi online pelat merah yang ramai dibicarakan publik belakangan ini.

"Saya meralat kembali terkait masalah aplikasi pelat merah, itu tidak ada lagi istilah demikian. Sebagai pemerintah, kami akan lebih konsentrasi ke regulasinya aja," kata Budi dalam jumpa pers di Gedung Karsa Kemenhub, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Oleh karenanya, Budi berharap agar isu aplikator pelat merah ini tidak dibahas lagi. Sebaliknya, pemerintah hanya mendukung kalau ada badan usaha swasta atau milik negara yang tertarik membentuk aplikasi transportasi online.

"Apakah ada swasta yang ingin bekerja sama dengan aliansi ya saya persilakan. Jadi, saya luruskan hari ini, kalaupun ada badan usaha yang mau kerja sama silakan, mereka lihat prospek bisnisnya seperti apa. Intinya mereka harus ikuti regulasi yang kita sedang sempurnakan saat ini," jelas Budi.

Budi juga kemudian menanggapi isu bahwa PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan bertindak sebagai BUMN yang akan bekerja sama dengan pemerintah membuat aplikasi transportasi online tersebut.

"Pertemuan dengan Telkom itu ya mungkin menjajaki bagaimana sih regulasinya, nanya-nanya begitu," pungkas Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.