Jokowi: Anggaran Dana Desa di 2019 Naik Jadi Rp 73 Triliun

Kompas.com - 25/09/2018, 16:56 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Pekan Purnabakti Indonesia (PPI) Tahun 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (25/9/2018). Kepada para pensiunan yang hadir, Jokowi bertanya mengenai pencairan gaji ke-13 dan tunjangan hari raya (THR). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Pekan Purnabakti Indonesia (PPI) Tahun 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (25/9/2018). Kepada para pensiunan yang hadir, Jokowi bertanya mengenai pencairan gaji ke-13 dan tunjangan hari raya (THR).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, alokasi dana desa untuk anggaran tahun 2019 akan lebih besar dari tahun ini.

Dana desa merupakan bagian dari belanja pemerintah pusat dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

"Tahun depan (dana desa) mungkin meningkat kurang lebih Rp 73 triliun," ujar Jokowi dalam sambutannya di acara Pekan Purna Bakti Indonesia (PPI) di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Jokowi menambahkan, alokasi anggaran untuk dana desa terus bertambah sejak 2015. Sejak 2015 hingga 2018 total alokasi anggaran untuk dana desa mencapai Rp 187 triliun.

"Sebuah angka yang sangat besar sekali, kalau tidak ada pengawasan akan sangat berbahaya uang sebesar itu," ucap dia.

Atas dasar itu, dia meminta penyaluran dana desa tersebut harus diawasi dengan sebaik-baiknya. Sebab, dana desa bisa sangat membantu masyarakat.

"Kalau bisa digunakan tepat sasaran dan fokus ini akan bermanfaat bagi rakyat, petani, nelayan dan bagi penduduk kita yang ada di desa," kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.