"Jadi Entreprenuer Lebih Cool Daripada Jadi PNS"

Kompas.com - 18/10/2018, 16:49 WIB
Ilustrasi Wirausahawan Muslim Dok. Humas UIIlustrasi Wirausahawan Muslim

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha Kecil Menengah ( UKM) terus mengalami perkembangan pesat selama kurun waktu 10 tahun ke belakang. Keberadaannya bahkan mulai beriringan dengan perusahaan-perusahaan besar yang sudah terlebih dahulu ada.

Salah satu hal yang bisa dilihat dari perkembangan tersebut adalah kini penggiat bisnis UKM bisa lebih mudah mengakses aset atau modal.

"Adanya digitalisasi telah membuat UKM dalam 10 tahun terakhir menghadirkan fenomena menarik bahwa aset atau resource mulai terdistribusi dengan merata dan tidak hanya dimonopoli perusahaan-perusahaan besar," jelas Pakar Pemasaran Yuswohady di Jakarta Theater, Kamis (18/10/2018).

Selain itu, sekarang para penggiat bisnis UKM melihat bahwa menjadi entrepreneur atau wirausaha merupakan sebuah gaya hidup yang cukup menarik untuk mereka.

Yuswohady menyatakan, banyak fresh graduate saat ini yang lebih ingin menjadi entrepreneur danDan membuka UKM sendiri ketimbang harus bekerja di perusahaan.

"Dulu ketika lulus, fresh graduate mau kerja di perusahaan besar, tetapi sekarang milenial muda merasa worth it bikin usaha sendiri. Buat mereka sekarang menjadi entrepreneur itu cool sementara dulu jadi PNS cool," sambungnya.

Terkait hal tersebut, Yuswohady kemudian juga menyoroti banyaknya komunitas entrepreneur muda dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut dia, keberadaan komunitas-komunitas tersebut menjadi jalan bagi para pemula bisnis UKM untuk mendapatkan ilmu menjalankan usahanya.

"Segala macam masalah solusinya ada di komunitas dan itu jadi pembeda antara dulu dan sekarang karena dulu UKM kerjanya sendiri-sendiri. Sekarang komunitasnya gampang sehingga ada keuntungan bisa belajarnya gampang dan jaringannya gampang," tandas Yuswohady.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X