KILAS EKONOMI

Kementan Bangun Humbang Hasundutan Jadi Lumbung Baru Bawang Putih

Kompas.com - 25/10/2018, 17:10 WIB
Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Prihasto Setyanto, Inspektur I Itjen Kementan Susanto, dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor saat melakukan inspeksi lahan uji coba bawang putih di Desa Huta Gurgur, Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan. Dok. Kementerian PertanianDirektur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Prihasto Setyanto, Inspektur I Itjen Kementan Susanto, dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor saat melakukan inspeksi lahan uji coba bawang putih di Desa Huta Gurgur, Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan.

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian ( Kementan) berupaya membangun Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) untuk menjadi lumbung baru bawang putih nasional. Alasanya karena tanah di kabupaten ini subur dan kaya humus.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Prihasto Setyanto mengakui potensi besar lahan pertanian di Humbahas.  Ini karena tanahnya diperkirakan histosol dengan lapisan humus yang tebal dan kaya bahan organik. Ketinggiannya 1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl), iklim mendukung, air melimpah.

“Jadi sangat tepat kalau Kementan mendorong pengembangan komoditas pertanian khususnya bawang putih di Humbahas," ujar Prihasto dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, 

Menurut Prihasto, pada tahap awal pihaknya mengalokasikan 50 hektar (ha) untuk perluasan tanam bawang putih melalui APBN tahun 2018. Lalu, pada 2019 volumenya ditingkatkan 3 kali lipat menjadi 150 ha dan ini nelum termasuk alokasi untuk bawang merah dan cabai merah besar.

"Dari satu importir yang sudah masuk, komitmen akan menanam 200 ha. Saat ini, sedang dicoba tanam benih GBL asal Taiwan seluas sekitar 2.5 ha. Ke depan kami akan dorong importir lain masuk ke sini,” ucap Prihasto.

Inspektur I Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementan Susanto menekankan, pentingnya pengendalian internal dalam setiap pelaksanaan kegiatan Kementan.

Pihaknya mengakui sistem pengendalian internal di Humbahas sudah bagus, sehingga sangat membantu meningkatkan akuntabilitas kegiatan APBN sekaligus kepercayaan investor khususnya di sektor pertanian.

"Kalau komitmen daerah bisa dijaga dan ditingkatkan, saya yakin Humbahas benar-benar bisa bangkit menjadi lumbung pangan baru,” tegas dia.

Kepala Dinas Pertanian Humbang Hasundutan Junter Marbun saat mendampingi kunjungan lapangan menyatakan, pihaknya akan mengawal intensif uji coba penanaman bawang putih di daerahnya.

Jika hasil uji coba tanam ini sukses, pemerintah daerah yakin petani di Humbahas akan tertarik menanam bawang putih.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X