Paripurna RAPBN 2019, Gerindra Minta Cukai Rokok Tidak Dinaikkan

Kompas.com - 31/10/2018, 13:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fraksi Partai Gerindra menyampaikan interupsi dalam rapat paripurna RAPBN 2019 di DPR RI, Rabu (31/10/2018) siang. Interupsi yang disampaikan adalah soal kritik terhadap kenaikan cukai hasil tembakau yang berdampak pada kenaikan harga rokok.

"Pemerintah jangan memeras rakyat, karena rokok sudah jadi kebutuhan pokok yang kalau harganya naik bisa merembet pada kenaikan harga lain," kata anggota dewan Partai Gerindra Bambang Haryo di dalam rapat paripurna.

Menurut Bambang, kenaikan cukai hasil tembakau akan memberatkan petani dan pengusaha rokok. Bambang juga khawatir jika harga rokok naik, akan mengganggu sektor industri yang lain dan menyulitkan kebutuhan dasar masyarakat.

"Karena ada kalimat, lebih baik tidak makan daripada tidak merokok," tutur Bambang.

Selain itu, Bambang juga mengkritisi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Bambang minta agar pemerintah bisa memperkuat level nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kembali ke level Rp 14.000 lagi seperti sebelumnya.

"Berdasarkan Google Exchange Rate, pelemahan nilai tukar rupiah paling parah dari negara-negara lain. Maka dari itu pemerintah harus bekerja keras memperbaiki hal tersebut," ujar Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.