Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpanjang 3 Blok Migas, Pemerintah Dapat Bonus Rp 186 Miliar

Kompas.com - 06/11/2018, 10:44 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menetapkan pengelolaan lanjutan terhadap tiga wilayah kerja Migas terminasi tahun 2022. Blok migas yang dimaksud adalah WK Tarakan, WK Coastal Plains and Pekanbaru (CPP), dan WK Tungkal. Penetapan terseut bersamaan dengan penawaran WK Migas Konvensional Tahap III Tahun 2018.

"WK Tarakan, WK Coastal Plains and Pekanbaru (CPP) dan WK Tungkal yang akan berakhir kontaknya pada tahun 2022 telah ditetapkan untuk dikelola lanjut oleh Kontraktor Eksisting dengan bentuk Kontrak Bagi Hasil Gross Split dan jangka waktu kontrak selama 20 tahun," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan tertulis, Senin (6/10/2018).

Adapun total bonus tanda tangan atau signature bonus yang akan diterima Pemerintah sebesar 13,95 juta dollar AS atau sekitar Rp 186 miliar.

Sementara total nilai investasi dari rencana Komitmen Kerja Pasti (KKP) 5 tahun pertama kontrak adalah sebesar 179,152 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,4 triliun dengan asumsi nilai tukar rupiah sesuai APBN 2018 sebesar Rp 13.400 per dollar AS.

Baca juga: Setelah Blok Brantas, Ini Blok Migas yang Habis Masa Kontrak hingga 2026

Kontraktor WK Tarakan adalah PT Medco E&P Tarakan dengan partisipasi interes 100 persen. Kontraktor WK CPP adalah PT Bumi Siak Pusako dengan partisipasi interes 100 persen. Sedangkan WK Tungkal dikelola Montd'or Oil Tungkal sebesar 70 persen dan oleh Fuel-X Tungkal Ltd sebesar 30 persen.

Penawaran blok migas konvensional

Selain mengumumkan Keputusan Pengelolaan Lanjut 3 WK Migas Terminasi Tahun 2022, Kementerian ESDM juga menawarkan WK Migas Konvensional Tahap III Tahun 2018.

Ada empat WK yang ditawarkan melalui mekanisme Penawaran Langsung. Keempat WK tersebut adalah WK South Andaman, WK South Sakakemang, WK Anambas, dan WK Maratua. Minimal bonus tanda tangan untuk masing-masing WK adalah 2.000 dollar AS.

Bagi para calon Peserta Lelang yang telah membeli Bid Document, maka akses Paket Data dari Pusdatin dapat dilakukan secara gratis. Biaya paket data akan diwajibkan setelah peserta lelang ditetapkan menjadi Pemenang Lelang.

Berikut jadwal lelang yang ditentukan:
1) Akses Dokumen Lelang : 5 November 2018 - 17 Desember 2018
2) Forum Klarifikasi : 12 November 2018 - 17 Desember 2018
3) Pemasukan Dokumen Partisipasi : paling akhir pada 19 Desember 2018 pukul 14.30 WIB

Adapun kualifikasi peserta lelang sebagai berikut :
1) Mempunyai kemampuan finansial dan teknik untuk membiayai dan melaksanakan kegiatan operasi perminyakan
2) Memiliki rekam jejak yang baik dalam kegiatan perminyakan
3) Mengakses Bid Document (5.000 dollar AS)
4) Memiliki paket data berlisensi (free untuk peserta lelang) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com