Siapapun Bisa Menang di Lelang Barang Milik Negara...

Kompas.com - 15/11/2018, 19:10 WIB
Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta, Senin (2/4/2018) DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comWakil Menteri Keuangan Mardiasmo di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta, Senin (2/4/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Buang jauh-jauh anggapan lelang barang negara rumit dan tertutup. Nyatanya, kini lelang barang milik negara bisa diakses siapa saja, di mana saja, secara online.

Terobosan lelang online di website Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan kini ada di portal lelang.go.id, membuat ikut lelang seperti beli kucing dalam karung. Siapa saja memiliki kesempatan untuk ikut dan memenangkan lelang barang milik negara.

"Selama ini kalau kita dengar kata-kata lelang, apalagi lelang yang dilakukan oleh suatu kementerian, ini kadang-kadang masih banyak yang memandang bahwa lelang itu berbelit-belit. Lelang sulit diakses, hanya orang orang tertentu yang bisa mengaksesnya," ujar Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dalam sambutan di acara acara peluncuran Domain lelang.go.id di kompleks Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Dengan lelang online kata dia, semua orang punya kesempatan yang sama ikut lelang. Bahkan tanpa perlu hadir secara langsung di tempat pelelangan. Semua dilakukan secara online.

Baca juga: Tertarik Ikut Lelang Online Kemenkeu? Simak Caranya!

"Kemenkeu sendiri tidak ada saling menutupi, semua terbuka. Dulu kan ada yang mengatakan hanya beberapa pejabat saja yang bisa mengakses, yang menang sudah di perkirakan, nah ini anggapan itu harus kita hilangkan," kata Mardiasmo.

"Apalagi sekarang jaman milenial, zaman now, ini harus menjadi pertimbangan penting karena masyarakat menggunakan teknologi informasi. Kalau kita lakukan lelang dengan konvensional ya informasi yang masuk peserta lelang juga terbatas," tambah dia.

Pada acara peluncuran portal lelang.go.id, Kemenkeu juga menandatangai nota kesepahaman dengan sejumlah bank dalam kerjasama informasi lelang.

Dengan kerja sama itu, bank saling memberikan tautan informasi lelang barang milik negara kepada para nasabahnya sehingga bisa mengakses lelang yang dilakukan oleh pemerintah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X