Ganjil-Genap di Gerbang Tol Bekasi Diperluas pada Pukul 05.00-10.00

Kompas.com - 20/11/2018, 20:58 WIB
(kiri-kanan) Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna, Dirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dessy Aryani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (20/11/2018). Kompas.com/DANI PRABOWO(kiri-kanan) Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna, Dirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dessy Aryani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (20/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan pembatasan kendaraan melalui ganjil-genap di gerbang tol Jakarta-Cikampek akan diperluas.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, perluasan pertama mencakup waktu penerapan kebijakan ganjil genap di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

"Berkaitan dengan pembatasan dan ganjil-genap akan kami lakukan dari jam 05.00 sampai jam 10.00," ujar Budi Karya saat menggelar konferensi pers, Jakarta, Selasa (20/11/2018).

Baca juga: Ganjil Genap Tol Tambun, Pengendara Diimbau Beralih ke Angkutan Umum

Adapun kebijakan ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur sudah dilakukan beberapa bulan lalu pada pukul 06.00-09.00.

Kebijakan ganjil-genap juga akan diterapkan di Gerbang Tol Tambun.

Saat ini sosialiasi kebijakan tersebut sudah dimulai. Menurut rencana, awal Desember 2018, kebijakan itu akan diterapkan.

Baca juga: Ganjil-Genap di Tol Tambun karena di Tol Bekasi Kurang Efektif

Ia mengatakan, kebijakan ganjil-genap efektif menurunkan jumlah kendaraan yang masuk Tol Jakarta-Cikampek pada jam-jam yang sudah ditentukan.

Kebijakan ganjil-genap, lanjut dia, efektif meningkatkan kecepatan kendaraan 30-40 persen.

Kepadatan kendaraan juga turun sekitar 30-40 persen. Dampak positif lainnya adalah penurunan karbondioksida akibat emisi gas buang kendaraan.

" Ganjil-genap itu sebetulnya edukasi. Kami harapkan dengan ganjil-genap ini masyarakat menggunakan angkutan masal," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X