Berita Populer: IKEA PHK hingga Prabowo Minta Indonesia Belajar ke Zambia

Kompas.com - 23/11/2018, 05:40 WIB
Peritel IKEA. IKEA IndonesiaPeritel IKEA.

1. IKEA Group Berencana PHK 7.500 Karyawan

IKEA Group, pemilik dari sebagian besar toko furnitur IKEA di seluruh dunia, berencana memangkas 7.500 pekerja mereka untuk beberapa tahun ke depan. PHK ini terutama dilakukan pada staf administrasi dalam operasional pusat.

CEO IKEA Jesper Brodin mengatakan, pihaknya menilai perlu menyederhanakan cara kerja. Sebab, IKEA melihat, di beberapa bagian organisasinya ada pekerja yang tidak efisien.

Namun, IKEA memperkirakan akan bisa menciptakan 11.500 pekerjaan baru pada periode efisiensi pekerja itu karena adanya ekspansi dengan format toko baru secara online.

Menurut CNBC, IKEA sedang dalam masa transformasi karena akan meningkatkan layanan digital dalam pengiriman dan lainnya. IKE juga sedang menguji format toko baru yang lebih mudah diakses karena lanskap ritel dan konsumen yang berubah cepat.

Baca selengkapnya: IKEA Group Berencana PHK 7.500 Karyawan

2. Soal Gaji Guru Rp 20 Juta, Sri Mulyani Minta Pengusul Menghitung Dulu

Menteri Keuangan Sri Mulyani menanggapi usulan kenaikan gaji guru hingga Rp 20 juta yang dilontarkan tim pemenangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno. Menurut Sri Mulyani, ide atau usulan boleh-boleh saja. Namun, ada baiknya pengusul menghitung lebih dulu jumlah guru dan ketersediaan anggaran di APBN.

Menurut dia, dalam tahun 2019 anggaran pendidikan mencapai Rp 492 triliun. Anggaran itu untuk gaji, tunjangan profesi guru, dan anggaran yang dialokasikan ke daerah, termasuk BOS yang sudah mencapai Rp 117 triliun.

Sri Mulyani menilai, semua pihak memiliki pandangan yang sama, yakni perlunya memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Hal itu penting dilakukan untuk meringankan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Namun, peningkatkan kualitas pendidikan itu bisa dilihat dari berbagai hal, tak hanya kenaikan gaji guru yang dratis.

Baca selengkapnya: Soal Gaji Guru Rp 20 Juta, Sri Mulyani Minta Pengusul Menghitung Dulu

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X