Ingin Cepat Memiliki Rumah? Sisihkan 30 Persen dari Pendapatan Anda

Kompas.com - 28/11/2018, 08:30 WIB
Ilustrasi rumah kecilin4mal Ilustrasi rumah kecil

NEW YORK, KOMPAS.com - Menyewa atau memiliki perumahan kemungkinan adalah pengeluaran terbesar Anda. Dimana untuk mebeli properti saat ini bahkan harga rumah meningkat dua kali lebih cepat dari pendapatan, dan harga sewa terus meningkat dari tahun ke tahun.

Penulis buku dan salah satu pendiri AE Wealth Management David Bach mengatakan, sebisa mungkin jangan menghabiskan lebih dari 35 persen pendapatan bersih tahunan untuk membeli tempat tinggal.

"Tujuannya seharusnya adalah tidak lebih dari sepertiga dari penghasilan seharusnya untuk perumahan, idealnya," katanya kepada CNBC, Rabu (28/11/2018).

Namun, jika dihitung berdasarkan pendapatan kotor, sisikan kurang lebih 30 persen untuk investasi ini.

Pedoman populer lainnya yang diikuti orang adalah aturan 28/36, yang mengatakan bahwa Anda harus membelanjakan tidak lebih dari 28 persen dari penghasilan kotor bulanan Anda untuk biaya perumahan dan tidak lebih dari 36 persen dari total kewajiban/ tagihan.

Jika rasio utang terhadap pendapatan Anda melebihi batas ini Anda mungkin tidak bisa mendapatkan pinjaman sama sekali.

Meskipun panduan ini dapat membantu, situasi keuangan setiap orang berbeda. Jika Anda tidak menghabiskan banyak uang untuk hiburan atau transportasi, Anda mungkin memiliki lebih banyak ruang untuk membelinya lebih cepat.

"Ditambah, tempat dimana Anda tinggal juga berpenaruh," kata Bach.

Jika Anda tinggal di kota besar, kemungkinan untuk menyisihkan hanya 30 persen tidak cukup. Pada beberapa kota besar, bahkan penduduk menempatkan hampir dua pertiga dari pendapatan mereka untuk biaya sewa, karena mereka tidak punya pilihan lain.

Jika Anda ingin pensiun dini atau memiliki tujuan ambisius lainnya, Anda mungkin perlu menghemat pendapatan Anda dan menghabiskan di bawah ambang 30 persen.

Salah satu contoh adalah pasangan yang berbasis di Chicago membelanjakan kurang dari 15 persen dari pendapatan mereka untuk membeli rumah dan mereka berhasil membukukan 50.000 dollar AS hanya dalam satu tahun.

Untuk mengetahui berapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk tempat tinggal, ingatlah pedoman ini, lihat anggaran Anda dan pertimbangkan tujuan tabungan jangka panjang Anda.





Close Ads X