Pembangunan TOD LRT Jabodebek Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Kompas.com - 29/11/2018, 22:10 WIB
Direksi PT Adhi Karya (persero) Tbk saat di Jakarta, Kamis (29/11/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADireksi PT Adhi Karya (persero) Tbk saat di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (persero) Tbk menyatakan pembangunan proyek kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development ( TOD) Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di kawasan Bekasi Timur masih terkendala pembebasan lahan.

"Memang untuk TOD yang di Bekasi Timur ini masih tertunda karena pembebasan tanahnya belum selesai," ujar Direktur Keuangan Adhi Karya, Enthus Asnawi di Jakarta, Kamis (28/11/2018).

Sambil menyelesaikan permasalahan tersebut, lanjut Enthus, pihaknya akan mencari alternatif lain. Rencananya akan dibangun TOD di kawasan Cibubur. Menurut dia, di lokasi itu lebih mudah dalam hal pembebasan lahan.

"Akan membangun juga yang di Cibubur, sedang diusulkan, sesang dibuat juga desainnya. Kalao (lahan) di Cibubur ini kepemilikannya ada tanahnya Adhi dan tanah Kwarnas," kata Enthus.

Baca juga: Reaktivasi Jalur KA Jabar, Kemenhub Juga Bakal Kembangkan TOD

Sesuai rencana kata Enthus, TOD memang akan dibuat di kawasan Cibubur dan Bekasi Timur.

Adapun LRT Jabodebek tahap I memiliki panjang sekitar 44,43 kilometer (km). Progres pengerjaan proyek ini saat ini sudah mencapai 49,1 persen. Diperkirakan proyek LRT Jabodebek rampung pada 2019.

Di mana rincian untuk progres pada setiap lintas pelayanannya adalah Cawang-Cibubur sebesar 71,3 persen. Cawang Kuningan Dukuh Atas mencapai 37,2 persen dan Cawang Bekasi Timur mencapai 41,8 persen.

Sedangkan pembangunan tahap II sepanjang 38,5 km terdiri dari rute Dukuh Atas-Palmerah-Senayan sepanjang 7,8 km, Cibubur-Bogor sepanjang 25 km, dan Palmerah-Grogol sepanjang 5,7 km.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X