Meraba Bisnis Anak-Mantu Presiden Jokowi - Kompas.com

Meraba Bisnis Anak-Mantu Presiden Jokowi

Kompas.com - 30/11/2018, 06:30 WIB
Bobby Nasution (kiri), menantu Presiden RI Joko Widodo, serta kedua anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, saat grand opening Kedai Rakyat di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/5/2018).Tribun Medan/M Andimaz Kahfi Bobby Nasution (kiri), menantu Presiden RI Joko Widodo, serta kedua anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, saat grand opening Kedai Rakyat di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Sudah tak asing lagi bahwa anak-anak bahkan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki kegemaran di dunia wirausaha yang juga menjadi salah satu sumber pundi-pundi pendapatan mereka.

Dikutip dari berbagai sumber, setidaknya ada 13 usaha yang digeluti baik di bidang kuliner, fashion, maupun aplikasi oleh anak-anak dan menantu Presiden ke-7 RI ini.

Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, dan menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, ternyata sudah memiliki berbagai usaha baik rintisan sendiri, kerja sama, maupun hasil kolaborasi ketiganya.

Putra sulung Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka, mulai dikenal publik sebagai pebisnis yang memiliki gurita usaha di mana-mana. Pria yang akrab disapa Gibran ini merintis usaha pertamanya pada tahun 2010 lalu di Solo berupa katering Chili Pari.

"Saya melihat kesempatan pasarnya ada. Pernikahan orang kan pasti, event pernikahan ada terus. Apalagi, saya punya gedung pernikahan sendiri. Jadi satu paket. Pasarnya jelas, pembelinya jelas ada," ujar Gibran saat wawancara eksklusif dengan Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017).

Hingga saat ini, Chili Pari tidak hanya terbatas pada katering, tetapi juga wedding organizer hingga pengadaan suvenir, undangan, dan foto prewedding.

Selain Chili Pari, Gibran pun melebarkan sayapnya mendirikan Martabak Kotta Barat (Markobar) yang saat ini memiliki 37 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Outlet terakhir diresmikannya awal minggu ini di Medan, Sumatera Utara.

Gurita usaha kuliner Gibran masih berlanjut, ia pun merambah olahan ceker ayam dengan nama Cakar Dheer dan Pasta Buntel. Ada pula bisnis kerja sama dengan rekannya, Dhimas Aji Kurniawan, yakni Mommilk, serta yang terbaru diresmikannya pada Juli 2018 lalu adalah minuman Goola.

Kemudian, putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep atau kerap disapa Kaesang, juga mengekor kakaknya. Kaesang menjajal usaha clothing ketika menginjak bangku sekolah menengah atas. Sayangnya, ia gagal dua kali saat itu karena kurang mengetahui secara teknis mengenai bisnis clothing tersebut. Dari sana, Kaesang mengaku selalu berkonsultasi dengan kedua orangtuanya ketika akan memulai sebuah bisnis.

Usaha rintisan Kaesang yang cukup menyita perhatian publik adalah kaus Sang Javas pada tahun 2017. Selain itu, ada pula bisnis kuliner Sang Pisang yang diresmikannya dipengujung tahun yang sama. Saat ini, outlet Sang Pisang sudah ada puluhan di seluruh Indonesia.

Ketika bertandang ke Pangkal Pinang pada Juli 2018, Kaesang mengaku alasannya untuk memilih kuliner olahan pisang.

“Durian kan mahal, tergantung musim. Kalau pisang harganya murah dan tersedia sepanjang tahun. Apalagi di Bangka saya lihat pisangnya banyak,” kata Kaesang seusai pembukaan outlet Sang Pisang Pangkal Pinang, Sabtu (7/7/2018).

Selain usaha baju dan kuliner, bisnis board game pun ikut digelutinya bersama sang kakak yakni Gibran dan rekan mereka, Erwin J. Skripsiadi, lewat Hompipa! Games. Kemudian, hasil kolaborasi kakak-beradik Kaesang dan Gibran juga menciptakan jas hujan dengan merek Tugas Negara Bos! dan mengembangkan aplikasi jual beli makanan bernama Madhang Indonesia.

Bisnis Kedai Kopi

Rupanya tak hanya Gibran dan Kaesang yang gemar mendirikan usaha sendiri. Menantu laki-laki Presiden Jokowi, yang merupakan suami Kahiyang Ayu, yaitu Bobby Nasution, pun ternyata tak mau kalah. Pria yang kerap disapa Bobby ini sudah berbisnis kedai kopi sejak 2013 lalu yang diberi nama Veteran Coffee. Diakuinya pada April 2018, pihaknya tengah fokus untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.

"Kami lagi fokus mengembangkan kafe kopi ini, dengan mengedepankan varietas kopi lokal Sumatera," kata Bobby pada acara Makerfest 2018 di Kota Medan, Sabtu (7/4/2018).

Setelah Veteran Coffee, Bobby pun kembali mendirikan usaha yang masih berkutat di bidang kuliner khusunya kafe kopi bertajuk Kopi Jolo pada tahun 2014. Pada September 2018 kemarin, Kopi Jolo membuka cabangnya di Palembang, Sumatera Selatan.

Puncaknya, yang sempat jadi bahan perbincangan pada Mei 2018 ialah pembukaan Kedai Rakyat yang diusung Bobby, Gibran, dan Kaesang di Medan, Sumatera Utara. Di kedai ini, para pembeli bisa menikmati menu andalan dari Markobar milik Gibran, Sang Pisang milik Kaesang, dan Kopi Jolo milik Bobby sekaligus.

"Kedai Rakyat adalah outlet kolaborasi pertama kami. Dibuka perdana di Medan. Bisnis kuliner di sini sangat ketat. Banyak brand-brand sudah duluan ada. Tapi kami optimistis bisa bersaing," kata Gibran saat pembukaan Kedai Rayat di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/5/2018).



Close Ads X