Menhub Akan Atur Rute Kendaraan Besar sepanjang Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 04/12/2018, 15:56 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi seusai menghadiri perayaan ulang tahun Damri ke-72 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018). MURTI ALI LINGGA/KOMPAS.com Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi seusai menghadiri perayaan ulang tahun Damri ke-72 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan sudah mulai melakukan persiapan jelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk transportasi darat saat ini pihaknya tengah melakukan audit terhadap transportasi umum, serta akan meregulasi rute kendaraan besar di hari-hari tertentu.

"Untuk darat kita sudah koordinasikan, kumpulkan semua stakeholder. Selain lakukan audit-audit terhadap mobil-mobil, kita juga melakukan regulasi mengenai kendaraan besar tak boleh jalan di hari-hari tertentu. Juga kita akan atur berkaitan dengan rute-rute yang akan dilewati," ujar Budi Karya ketika memberikan paparan kepada awak media, Selasa (4/12/2018).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi menambahkan, pada libur Natal dan tahun Baru kali ini diperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang untuk armada bus sekitar 20 persen karena beroperasinya tol Jakarta-Surabaya.

"Perkiraan kami tahun ini akan meningkat dibanding tahun lalu karena jalan tol (Trans Jawa) sekarang mulai tersambung, besok Pak Menteri ngajak saya dari Surabaya sampai Semarang mau lihat kalau jadi hari Jumat saya berangkat ke sana," ujar Budi pada kesempatan yang sama.

Budi pun menuturkan, Kemenhub akan menyediakan fasilitas mudik gratis dengan 50 armada bus.

"Kita siapkan juga mudik gratis dari Kemenhub 50 bus. Sekarang hampir terisi semua," jelas Budi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X