Pekerjaan di Masa Depan: Apa yang Dimiliki Manusia dan Tidak Dimiliki Robot Digtal?

Kompas.com - 20/12/2018, 06:03 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.


MEDIA berpengaruh dari Inggris, Daily Mail edisi online  mengeluarkan daftar tentang dua puluh jenis pekerjaan hari ini yang terancam akan hilang pada masa depan. 

Jenis pekerjaan yang akan hilang tersebut diantaranya adalah telemarketing, teller, penafsir asuransi, klerek untuk berbagai industri, loan officer, hingga petugas data entry.

Sementara jenis pekerjaan baru yang muncul diantaranya desainer 3D printer, koordinator drone, operasi (kedokteran) jauh jauh, hingga data scientist yang sekarang sudah ramai dicari orang.

Ramalan ini bukan tanpa dasar, namun memang demikian adanya. Era bernama industri 4.0 menyebabkan terjadi pengartian ulang terhadap pekerjaan.

Banyak pekerjaan konvensional yang lenyap. Pada sisi lain muncul jenis-jenis pekerjaan baru yang sama sekali belum pernah ada pada dunia kerja.

Setiap revolusi industri selalu menimbulkan perubahan signifikan (disrupsi). Disrupsi pada industri 4.0 akan memporak-porandakan hampir semua pranata.

Risalah yang dikeluarkan oleh Forum Ekonomi Dunia 2016 menyebutkan ada lima akibat utama (dampak) dari revolusi industri 4.0 yaitu pada ranah ekonomi, bisnis, sosial, individual dan negara. (Aloysius Budi, 2018).

Dampak ekonomi diperlihatkan dari pertumbuhan ekonomi yang terjadi lebih cepat, pekerjaan yang mengalami perubahan jenis dan munculnya ketrampilan-ketrampilan baru yang bahkan sebelumnya tidak ada.

Dari ranah bisnis dampak yang terjadi adalah harapan konsumen yang semakin beraneka ragam, kolaborasi antar pelaku bisnis yang semakin intensif dan terciptanya model-model bisnis baru.

Munculnya pekerjaan-pekerjaan baru ini berbanding lurus dengan disrupsi yang terjadi pada dunia kerja. Ada tiga yang utama.

Pertama, berdampak pada jenis pekerjaan (jobs impact). Skenario yang muncul dan hari ini sudah terjadi adalah beberapa jenis pekerjaan akan hilang seperti sudah disebut diatas. Beberapa jenis pekerjaan akan melakukan penggabungan.

Contohnya yang sekarang marak terjadi adalah penggabungan antara lembaga keuangan dengan teknologi digital sehingga muncul jenis pekerjaan baru gabungan antara teller, administrasi dan pemasaran dalam satu platform. Atau muncul jenis pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada seperti youtuber atau instagramer.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X