Resmi Kelola Dana Haji, BJB Syariah Targetkan Tambahan Dana Murah Rp 1 Triliun

Kompas.com - 21/12/2018, 16:07 WIB
Jajaran direksi Bank BJB Syariah. KOMPAS.com/RENI SUSANTIJajaran direksi Bank BJB Syariah.

BANDUNG, KOMPAS.com - Bank BJB Syariah (BJBS)ditetapkan sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH). Penerimaan setoran haji mulai dilakukan 1 Januari 2019.

"Syarat bank penempatan dana setoran haji, NPL di bawah 5 persen, dan kami bisa memenuhinya," ujar Direktur Utama Bank BJB Syariah, Indra Falatehan di Bandung, Jumat (21/12/2018).

Indra menyebutkan, saat ini dana haji di Indonesia mencapai Rp 100 triliun. Dari jumlah itu, 30 persennya ditempatkan di perbankan syariah.

Dari 30 persen dana haji tersebut, di tahun pertama pihaknya menargetkan Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun. Dana tersebut akan menambah dana murah BJBS.

Baca juga: BPKH akan Investasikan Dana Haji ke Arab Saudi

Namun, karena jumlah cabang BJBS masih minim, pihaknya akan bekerja sama dengan induk (Bank BJB) untuk menerima setoran haji. Jadi nasabah bisa menyetorkan dana haji di BJBS atau BJB, meskipun pengelolaan di BJBS.

"Kerja sama dengan induk masih terus digarap," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Indra mengungkapkan, bank yang dipimpinnya membutuhkan dana murah. Apalagi pembiayaan di BJBS terus meningkat.

Hingga November 2018, aset BJBS mencapai Rp 6,7 triliun, dana pihak ketiga (DPK) Rp 5,2 triliun, pembiayaan Rp 5,2 triliun, dan laba Rp 33,4 miliar.

Pada 2019 nanti, pihaknya menargetkan peningkatan pembiayaan sebesar 12,9 persen dan laba menjadi Rp 50 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.