SMF Siapkan Program KPR untuk ASN Terdampak Bencana di Lombok

Kompas.com - 21/01/2019, 18:48 WIB
Ilustrasi rumah Wentao LiIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) akan membuat program pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk masyarakat yang terdampak bencana.

Sebagai permulaan, program ini diperuntukan hanya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang wilayahnya terdampak bencana gempa dan tsunami seperti di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Untuk tahap awal, program ini akan diperuntukkan bagi 3.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terkena dampak bencana alam di Lombok," ujar Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Baca juga: SMF Salurkan Pembiayaan untuk KPR Sebesar Rp 9,8 Triliun di 2018

Ananta menambahkan, SMF akan bekerjasama dengan Bank NTB Syariah sebagai lembaga penyalur pembiayaan KPR pascabencana.

"Tidak menutup kemungkinan wilayah (terdampak bencana) lain akan kita terapkan juga," kata Ananta.

Ananta menjelaskan, program KPR SMF pascabencana adalah program yang ditujukan perseroan dalam rangka membantu meringankan beban pemerintah untuk merevitalisasi pemukiman masyarakat pasca bencana alam di Indonesia.

Baca juga: Dorong Ketersediaan Pasokan Rumah, SMF Luncurkan SOP Modal Kerja Konstruksi

Selain itu, pada tahun 2019 SMF juga akan mengadakan program pembangunan rumah di daerah kumuh di 32 kota. SMF akan bersinergi dengan Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR melalui program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) untuk turut serta mengatasi daerah kumuh melalui renovasi/pembangunan rumah.

Pembangunan rumah di daerah kumuh tersebut nantinya akan bekerja sama dengan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) atau Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Program ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui ketersediaan hunian yang layak, serta menciptakan lingkungan rumah yang sehat," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.