Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zilingo Kembangkan Teknologi hingga Perluas Bisnis di Sejumlah Negara

Kompas.com - 19/02/2019, 22:06 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vice President and Country Head Zilingo, Ade Yuanda Saragih mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan dana segar yang diterima pada pendanaan baru tahun ini.

"Mengenai pendanaan terbaru kita, pendanaan ini kita gunakan untuk pengembangan teknologi, infrastruktur, dan perluasan bisnis," kata Ade ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (19/2/2019).

Ade mengungkapkan, selain mengembangkan tiga aspek itu, Zilingo juga berencana membukan kantor operasional di beberapa negara. Sehingga dapat mengembangkan bisnis dan menjangaku konsumen secara lebih luas.

"Rencananya di tahun ini akan ada penambahan beberapa lokasi, beberapa negara lagi. Zilingo saat ini beroperasi di Filipina, Australia dan beberapa negara lagi," sebutnya.

Dia menjelaskan, secara khusus pada Indonesia, dana itu akan dipergunakan untuk peningkatakan kualitas produk-produk para penjual atau mitranya. Di samping, juga melakukan pengembangan segi teknologi dan sumber daya.

"Di Indonesia sendiri, kita juga akan gunakan pendanaan ini untuk peningkatan kualitas penjual-penjual kita. Bagaimana kita bisa membantu mereka untuk semakin meningkatkan bisnis mereka, bukan hanya secara lokal tapi juga bisa secara glonal," paparnya.

Selain itu, lanjut Ade, Zilingo juga berencana membuka toko offline untuk memberikan pelayanan tambahan kepada pelanggan, calon pelanggan, dan mitranya. Ini dinilai perlu dan penting disamping memberikan layanan secara online.

"Offline itu juga akan memberikan pelayanan untuk kepuasan tambahan pelanggan. Kita juga akan ada rencana untuk membuka offline store, cuma negaranya belum kita tentukan," ungkapnya.

Diberikan Kontan.co.id, Selasa (12/2/2019), platform marketplace Zilingo mendapatkan suntikan dana segar sebesar Rp 226 juta dollar AS dalam putaran pendaraan seri D. Dana segar tersebut diperoleh dari investor seperti Sequoia Capital, Temasek, Burda Principal Investments, Sofina, dana investasi dari Singapura-EDBI dan investor baru lainnya.

Pendanaan ini menambah panjang investasi yang telah diterima Zilingo semenjak berdiri resmi 2015. Pada 2018, perusahaan berhasil mendapatkan dana seri C sebesar Rp 54 juta dollar AS. Perolehan dana tersebut, membuat total pendanaan perusahaan yang terkumpulkan menjadi Rp 308 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com