Swasta Gandeng Akademisi Sosialisasikan SDGs

Kompas.com - 14/03/2019, 20:04 WIB
Seminar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang diselenggarakan oleh PTTEP dan Universitas Trisakti di Balikpapan, Kalimantan Timur.Dok. PTTEP Seminar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang diselenggarakan oleh PTTEP dan Universitas Trisakti di Balikpapan, Kalimantan Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan eksplorasi dan produksi minyak PTTEP dan Universitas Trisakti Program MM Sustainability bermitra menyosialisasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ( SDGs) melalui seminar. Salah satunya adalah di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"SDGs penting untuk menjadi sasaran pembangunan kita. Pemerintah telah bekerja keras untuk memastikan pembangunan agar terus berkelanjutan dan memiliki multiplier effect,” ujar Hadi Mulyadi, Wakil Gubernur Kaltim dalam pernyataannya, Kamis (14/3/2019).

Dalam seminar itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi juga membagikan pengalamannya terkait energi hijau dan SDGs. Seminar ini mengumpulkan akademisi, LSM, serta sektor publik dan swasta berkolaborasi untuk mencapai SDGs di Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Luncurkan Platform SDGs Indonesia One

General Affairs Manager PTTEP Indonesia, Afiat Djajanegara mengatakan, pihaknya akan melanjutkan seminar SDGs di empat kota lainnya di tahun 2019.

"Mengingat pentingnya menjaga kemitraan yang berkelanjutan, kami akan mengajak pemangku kepentingan dari berbagai sektor untuk terus bekerjasama membantu Pemerintah Indonesia untuk mencapai SDGs," sebut dia.

Baca juga: Bappenas: Pengembangan Taman Bumi Dorong Implementasi SDGs

Sementara itu, pendiri Program MM CSR Universitas Trisakti Maria Nindita Radyati menyatakan, inisiatif untuk mengajak masyarakat mendalami ilmu keberlanjutan sangatlah penting. Pihaknya pun berharap dapat merangkul lebih banyak pemangku kepentingan sehingga terciptanya kemitraan yang berkelanjutan terkait SDGs.

"Dengan inisatif ini kami bersama-sama dapat menciptakan dampak positif untuk pembangunan yang berkelanjutan," jelas dia.

PTT Exploration and Production Public Company Limited atau PTTEP adalah perusahaan eksplorasi dan produksi minyak nasional Thailand. Adapun PTTEP Indonesia memiliki kontrak bagi hasil (PSC) di Natuna Sea A blok (11,5 persen), blok lepas pantai yang memproduksi minyak mentah dan gas alam kondensat di Laut Natuna Barat.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X