Mendag Siap Keluarkan Izin Ekspor Konsentrat Freeport - Kompas.com

Mendag Siap Keluarkan Izin Ekspor Konsentrat Freeport

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 31/08/2017, 10:36 WIB
Areal tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Grasberg, Timika, Papua, Kamis (24/11/2011). KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTO Areal tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Grasberg, Timika, Papua, Kamis (24/11/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan ( Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, siap mengeluarkan izin ekspor konsentrat bagi PT Freeport Indonesia.

Adapun pemberian izin tersebut menyusul hasil renegosiasi Freeport yang bersedia mengubah status Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

"Kalau ekspor, pokoknya begitu ada permohonan ekspor, saat itu juga kami keluarkan izinnya," ujar Mendag Enggartiasto di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Menurutnya, pihaknya terus melakukan percepatan proses pangajuan izin ekspor jika memang telah sesuai aturan dan regulasi yang ada.

Sedangkan, untuk Freeport, Mendag menjamin izin ekspor konsentrat akan dikeluarkan dalam kurun waktu 24 jam setelah pengajuan dan telah memenuhi syarat dari Kementerian ESDM.

(Baca: Sepakati 4 Poin Negosiasi, Freeport Bisa Beroperasi hingga 2041)

 

"Pokoknya semua permohonan izin ekspor, begitu mohon, langsung kita keluarkan. Paling lambat dua hari, tapi kalau bisa hari itu juga. Pagi masuk, siang keluar. Siang masuk, sore keluar. Sore masuk, malam keluar. Malam masuk, Subuh keluar. Cepat kalau untuk ekspor," tegas Mendag.

Seperti diketahui, kontrak karya Freeport akan berakhir pada 2021. Untuk melanjutkan investasinya di Indonesia, Freeport pun bersedia mengubah rezim kontrak karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Perubahan menjadi IUPK juga membuat Freeport tidak akan lagi mendapatkan izin sepanjang KK yang bisa mencapai 50 tahun. Sebab, pemerintah hanya memberikan izin 10 tahun dengan opsi perpanjangan 10 tahun.

(Baca: Sepakat, 51 Persen Saham Freeport Dilepas ke Indonesia)

Kompas TV Pemerintah Beri Freeport IUPK Selama 8 Bulan

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM