Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deutsche Bank Berminat Biayai BUMN Beli Saham Freeport

Kompas.com - 19/09/2017, 20:16 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Deutsche Bank, bank asal Jerman,  tertarik memberikan pinjaman kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membeli saham PT Freeport Indonesia. 

"(Divestasi saham Freeport) So far bagus, tadi Deutsche Bank datang. Dia berminat membantu financing misalnya BUMN yang akan masuk ke Freeport," ujar Luhut saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Sebelumnya diberitakan, BUMN yang akan membeli saham Freeport adalah holding BUMN bidang pertambangan yakni PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), PT Aneka Tambang  (Antam), PT Bukit Asam, dan PT Timah.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini menambahkan, Pemerintah Daerah yakni Kabupaten Timika juga akan mendapatkan porsi saham Freeport.  "Kira-kira nanti dapat 5 persenan," jelas dia.

CEO Freeport McMoran Richaed Adkerson telah menyepakati divestasi saham Freeport Indonesia Sebesar 51 persen untuk kepemilikan nasional Indonesia. Aturan mengenai divestasi saham tercantum dalam PP Nomor 1 Tahun 2017 tentang perubahan keempat Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com