Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur BI Raih Penghargaan Gubernur Bank Sentral Terbaik Asia Pasifik

Kompas.com - 15/10/2017, 06:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo meraih penghargaan Governors of the Year di kawasan Asia Pasifik Timur. Penghargaan tersebut diberikan oleh majalah Global Markets yang merupakan bagian dari Euromoney Institutional Investor.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Agus karena dipandang telah berhasil melakukan transformasi dalam berbagai kebijakan kebanksentralan. Salah satu transformasi utama yang diangkat Global Markets adalah cara Bank Indonesia melakukan komunikasi kebijakan.

Agus dianggap sebagai sosok yang mengusung transparansi untuk menjaring ekspektasi publik. Penyusunan pesan dilakukan dengan sangat serius, untuk memberi sinyal yang tepat.

Selain itu, kebijakan utama BI pun tak luput dari transformasi. Perubahan suku bunga kebijakan dari BI Rate ke BI 7-day RR Rate dianggap sebagai langkah yang positif dalam menghasilkan suku bunga yang lebih relevan dan dapat ditransaksikan.

"Perubahan kebijakan Giro Wajib Minimum (GWM) dari harian menjadi GWM rata-rata juga diangkat sebagai salah satu transformasi yang dilakukan. Di samping itu, komitmen Gubernur BI untuk melakukan usaha pendalaman pasar keuangan pun menjadi sorotan," tulis BI dalam pernyataan resmi, Sabtu (14/10/2017).

Seremonial penyerahan penghargaan akan dilaksanakan di Washington DC, pada Sabtu pukul 18.00 waktu setempat atau Minggu (15/10/2017) waktu Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Agus akan menerima penghargaan bersama penerima penghargaan dari kategori area lain, seperti Ilan Goldfajn dari Brazil (kategori Amerika Latin) dan Tarek Amer dari Mesir (kategori Timur Tengah dan Afrika Utara).

Kompas TV Sudah dua pekan, rupiah melemah terhadap dollar Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com