IMF Hitung Upaya Penyelamatan Venezuela - Kompas.com

IMF Hitung Upaya Penyelamatan Venezuela

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 17/10/2017, 13:30 WIB
Para pendukung pemerintah Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, menyerbu masuk gedung parlemen nefara itu dan memukuli anggota DPR, Rabu (5/7/2017).
EPA via BBC INDONESIA Para pendukung pemerintah Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, menyerbu masuk gedung parlemen nefara itu dan memukuli anggota DPR, Rabu (5/7/2017).

LONDON, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) melakukan penghitungan mengenai potensi penyelamatan Venezuela yang dilanda krisis ekonomi parah. Menurut lembaga internasional itu, potensi penyelamatan bisa menembus lebih dari 30 miliar dollar AS per tahun.

Mengutip Business Insider, Selasa (17/10/2017), angka yang sangat besar kemungkinan dibutuhkan untuk meningkatkan impor, menggenjot konsumsi, dan membiayai utang-utang fiskal. Terkait upaya penyelamatan berupa bailout, seorang pejabat senior IMF menyatakan bahwa pasar harus segera bersiap akan hal ini.

Sementara itu, Douglas Rediker, mantan perwakilan AS di IMF menyatakan, upaya penyelamatan Venezuela akan sangat rumit dan kompleks.

"Ini akan menjadi Argentina bertemu dengan Yunani dalam hal kompleksitasnya," ujar Rediker.

Saat ini, Venezuela mengalami krisis sosial ekonomi. Impor ke negara itu telah anjlok 80 persen dalam lima tahun terakhir dan IMF memprediksi inflasi Venezuela akan menembus lebih dari 2.300 persen pada tahun 2018.

Venezuela juga terlilit utang mencapai 140 miliar dollar AS. Krisis yang semakin memburuk menimbulkan gelombang demonstrasi pada tahun 2017 ini, hingga menyebabkan 125 orang tewas dalam upaya melawan Presiden Nicolas Maduro.

IMF sendiri tidak memiliki hubungan resmi dengan Venezuela karena negara itu memutus hubungan sejak tahun 2007. Namun, IMF memonitor krisis di Venezuela secara cermat dan dampaknya terhadap negara-negara tetangga di Amerika Selatan.

Dalam laporannya, IMF menyatakan ekonomi Venezuela dalam kondisi hancur. Di samping itu, krisis ekonomi, kemanusiaan, dan politik belum menemukan titik akan berakhir.

Ekonomi Venezuela telah merosot 35 persen dalam kurun waktu 2014 hingga akhir tahun 2017. Venezuela juga tengah berjalan menuju hiperinflasi.

Sebelum melakukan intervensi, IMF membutuhkan permintaan resmi dari pemerintah Venezuela terkait bantuan dana. Namun, kabarnya dialog antara IMF dengan pemerintah Venezuela akan berjalan.

Kompas TV Lebih dari 7 juta warga Venezuela memilih dalam referendum tidak resmi yang diadakan oleh oposisi pemerintah.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM