Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga: Karyawan Pengumpul Tol Antusias Ikuti Program Alih Profesi

Kompas.com - 08/11/2017, 06:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK). Bahkan karyawan yang bertugas sebagai penjaga gerbang atau pengumpul tol (pultol) cukup antusias mengikuti Program Alih Profesi yang ditawarkan perseroan.

Hal ini sekaligus meluruskan berita yang disebarkan sekelompok orang yang mengaku sebagai pegawai di PT Jasa Marga, bahwa perusahaan akan memangkas karyawan.

"PHK di PT Jasa Marga, kalaupun dijalankan hanya akan dilakukan pada pegawai yang melakukan tindakan indisiplin sesuai dengan ketentuan undang-undang, semisal sering mangkir dan tak menjalankan tugas dalam periode waktu yang signifikan," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan resminya, Selasa (7/11/2017).

Heru menjelaskan Program Alih Profesi (A-Life) yang dijalankan perseroan dirancang bersama antara pihak Manajemen Jasa Marga dan Serikat Karyawan Jasa Marga (SKJM). "Semua sosialisasi program dilakukan bersama dan karyawan diberikan kebebasan memilih,” kata Heru.

Per 2 November 2017, dari lebih 900 formasi yang disediakan dalam program ini, karyawan yang telah mendaftar mencapai jumlah lebih dari 1.200 karyawan. Hal ini menunjukkan respon positif di antara karyawan pultol yang ingin alih profesi ke Anak Perusahaan.

Heru menambahkan paket kompensasi yang diberikan Jasa Marga kepada karyawannya yang memilih alih profesi, baik yang memilih bekerja di Anak Perusahaan Jasa Marga Group maupun menjadi wirausaha, besarannya jauh di atas ketentuan pesangon yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Bagi karyawan Jasa Marga yang akan alih profesi, selain memberikan uang pesangon sesuai dengan aturan normatif yang ditetapkan pemerintah, Jasa Marga juga memberikan banyak sekali manfaat lainnya untuk Program Alih Profesi ini,” lanjut Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com