Jasa Marga Tegaskan Tidak Ada PHK Karyawan  - Kompas.com

Jasa Marga Tegaskan Tidak Ada PHK Karyawan 

Achmad Fauzi
Kompas.com - 13/10/2017, 19:56 WIB
Petugas gardu Jasa Marga sedang melayani pengemudi untuk membayar tol. Pembayaran non-tunai di Gerbang Tol Jakarta-Cikampek, mulai terapkan secara bertahap. Jasa Marga memastikan, para pengguna jalan yang tidak memiliki saldo yang cukup, bisa melakukan pengisian ulang di gardu petugas gerbang tol.Dokumentasi Jasa Marga Petugas gardu Jasa Marga sedang melayani pengemudi untuk membayar tol. Pembayaran non-tunai di Gerbang Tol Jakarta-Cikampek, mulai terapkan secara bertahap. Jasa Marga memastikan, para pengguna jalan yang tidak memiliki saldo yang cukup, bisa melakukan pengisian ulang di gardu petugas gerbang tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) memastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja ( PHK) karyawan akibat penerapan transaksi nontunai di gardu tol. Karyawan Jasa Marga akan dialih profesi ke bidang lain. 

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Jasa Marga Kushartanto mengatakan, alih profesi tersebut merupakan bagian dari program yang disediakan khusus perseroan untuk penerapan transaksi nontunai. 

"Pertama, bahwa tidak ada PHK. Program tersebut terdapat pendidikan dan pelatihan kepada karyawan untuk menempatkan di bidang lain," ujar Kushartanto di Kantor Jasa Marga Pusat, Jakarta, Jumat (13/10/2017). 

(Baca: Nasib Petugas Gardu Tol Setelah Tak Ada Lagi Pembayaran Tunai...)

Kushartanto mengungkapkan, terdapat 600 karyawan sampai 1.300 karyawan yang bekerja di gardu tol akan dialih profesi ke bidang lain. 

Dalam hal ini, dia menjelaskan, karyawan gardu tol yang akan dialih profesi bisa langsung memilih posisi yang ditawarkan melalui aplikasi internal perseroan. 

"Kami punya online aplikasi. Jadi karyawan bisa langsung melamar di situ (online aplikasi)," kata dia. 

Sementara itu, Ketua Serikat Karyawan Jasa Marga (SKJM), Muhammad Kusnadi menambahkan, karyawan yang bertugas di gardu tol juga akan ditempatkan di Kantor Cabang, sebagian anak usaha, serta usaha Jasa Marga di bidang lain. 

(Baca: Transaksi Tol Semua Non-Tunai, Bagaimana Nasib Petugas Gardu?)

Saat ini, ungkap dia, terdapat 4.250 karyawan yang bekerja di Jasa Marga.

"Jasa Marga kan punya Jasa Marga Properti. Nanti kita berdayakan untuk bekerja di rest area dan kita fasilitasi mandiri juga. Sehingga teman-teman yang terdampak tetap bisa eksis. Jadi pada prinsip SKJM tetap mengawal ahli profesi ini, dan tidak ada PHK di Jasa Marga," pungkas dia. 

Kompas TV Jasa Marga Belum Dapat Keputusan Pemberlakuan Ganjil-Genap

PenulisAchmad Fauzi
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM