Penerbangan Umrah, Lion Air Buka Rute Balikpapan-Madinah - Kompas.com

Penerbangan Umrah, Lion Air Buka Rute Balikpapan-Madinah

Kompas.com - 16/11/2017, 15:40 WIB
Pesawat maskapai Lion Air, yakni Airbus 330-300 nomor penerbangan JT-118, membawa ratusan jamaah umrah langsung dari Balikpapan ke Madinah. Rute ini akan berlangsung rutin 1 kali dalam 1 minggu.Kompas.com/Dani J Pesawat maskapai Lion Air, yakni Airbus 330-300 nomor penerbangan JT-118, membawa ratusan jamaah umrah langsung dari Balikpapan ke Madinah. Rute ini akan berlangsung rutin 1 kali dalam 1 minggu.

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Maskapai Lion Air membuka rute khusus umrah dari Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia langsung ke Mandinah, Arab Saudi.

Dalam penerbangan pertamanya, Kamis (16/11/2017), dengan pesawat Airbus A330-300, maskapai memberangkatkan 437 jemaah umrah dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menuju Bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah.

General Manajer Service Lion Air, Ary Azhari mengatakan, penerbangan tersebut menyusul rute Lion Air serupa yang sudah lebih dulu ada dari kota lain. Di antaranya, penerbangan 1 kali satu minggu dari Makassar, Sulawesi Selatan, dan dua kali penerbangan dari Surabaya, Jawa Timur.

"Jakarta malah setiap hari ada penerbangan (ke Madinah dan Jeddah)," kata Azhari.

Baca juga: Lion Air Segera Pensiunkan Boeing 747-400

Para jemaah haji hendak ambil bagian dalam lempar jumrah yang merupakan bagian dari rangkaian ibadah haji di kawasan Jembatan Jumrah di Kota Mina dekat Mekah, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017). Tercatat sekitar 2,1 juta umat Muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.AFP PHOTO/KARIM SAHIB Para jemaah haji hendak ambil bagian dalam lempar jumrah yang merupakan bagian dari rangkaian ibadah haji di kawasan Jembatan Jumrah di Kota Mina dekat Mekah, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017). Tercatat sekitar 2,1 juta umat Muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.
Penerbangan umrah Balikpapan- Madinah ini berlangsung 1 kali dalam 1 minggu, pada hari Kamis, dengan lama perjalanan 10 jam 50 menit. Dari Balikpapan pesawat akan terbang pukul 15.45 WITA. Pesawat akan tiba pada 22.20 waktu Madinah.

Begitu pula sebaliknya, Lion Air menempuh rute Madinah - Balikpapan dalam 1 kali penerbangan tiap hari Jumat untuk membawa jemaah yang kembali ke tanah air. Pesawat berangkat pukul 22.25 dari Madinah dan tiba di Balikpapan pukul 18.55.

"Baik berangkat dan pulang, masing-masing ada 2 kali makan," kata Ashari.

Ashari mengatakan, penerbangan langsung ke tanah suci ini memberi banyak keuntungan bagi jemaah.

Baca juga: Pangeran Alwaleed Pernah Menyulap Pesawat A380 Jadi Istana Terbang

Selain karena perjalanan yang lebih singkat, penumpang juga tidak perlu berganti pesawat dan menjalani sejumlah prosedural bandara.

"Dulu, ganti pesawat, masih harus boarding lagi, check in, masih lama. Usia lanjut tentu inginnya cepat," kata Ashari.

Lebih singkatnya perjalanan juga diperkirakan akan meningkatkan minat calon jemaah lain dari Kaltim dan Kaltara.

"Jemaah dari Samarinda dan sekitarnya di Kaltim dan bahkan Kaltara akan lebih dekat," kata Azhari.

Baca juga: Penerbangan "Delay" Parah di Bandara Soekarno-Hatta, Ini Alasan Lion Air

Sementara itu, agen biro perjalanan umrah menyambut gembira rute langsung dari Balikpapan ke Madinah. Menurut mereka, sebelumnya jemaah harus menjalani perjalanan dengan waktu cukup lama karena harus melewati beberapa kota sebelum terbang ke tanah suci.  Kali ini, hanya singgah sekali di untuk mengisi bahan bakar.

"Selama ini kami harus ke Jakarta atau Singapura. Kami juga tidak menyangka sekarang bisa satu minggu sekali berangkat," kata Hamzah Hussain, dari Arafah Tamsya Mulia Travel.

Kompas TV Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau masyarakat untuk tak mudah tergiur paket perjalanan umrah murah.


EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X