Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya di China - Kompas.com

Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya di China

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 17/11/2017, 11:30 WIB
CEO Alibaba Jack Ma (tengah) bersama aktris Hollywood Scarlett Johansson saat membuka event Singles Day 2016.Associated Press CEO Alibaba Jack Ma (tengah) bersama aktris Hollywood Scarlett Johansson saat membuka event Singles Day 2016.

BEIJING, KOMPAS.com - Pendiri dan bos raksasa e-commerce China Jack Ma tidak lagi menjadi orang terkaya di negaranya. Posisi Jack Ma tergeser ke posisi ketiga dalam daftar orang terkaya di China versi Forbes.

Mengutip BBC, Jumat (17/11/2017), peringkat Jack Ma turun satu poin dari kedua menjadi ketiga. Padahal, kekayaan Jack Ma meningkat lebih dari sepertiga menjadi 38,6 miliar dollar AS.

Miliarder teknologi terkaya di Asia, pendiri Tencent Pony Ma atau Ma Huateng, berada di peringkat kedua menggeser Jack Ma. Kekayaan Ma Huateng melesat hampir 60 persen menjadi 39 miliar dollar AS.

Adapun yang berada pada peringkat pertama daftar orang terkaya di China adalah konglomerat real estate Hui Ka Yan atau Xu Jiayin. Ia adalah pimpinan perusahaan real estate Evergrande Group.

Baca juga : Berkat Jack Ma, 10 Miliarder Baru Lahir di China

Kekayaan Hui meroket lebih dari 400 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 42,5 miliar dollar AS. Menurut Forbes, peningkatan besar atas kekayaan Hui disebabkan peningkatan yang sangat signifikan pada harga saham perusahaannya.

Ini membuat kekayaan Hui bertambah lebih dari 32 miliar dollar AS. Meskipun demikian, kekayaan Hui tak lebih dari separuh kekayaan orang paling kaya di dunia, pendiri Microsoft Bill Gates.

Hui juga mengejar 10 orang terkaya di dunia, termasuk pendiri Berkshire Hathaway dan investor kawakan Warren Buffett dan CEO Amazon Jeff Bezos.

Selain dari bisnis properti, Hui juga memperoleh kekayaan dari melihat potensi belanja pelayanan kesehatan di China. Ia mendirikan Evergrande Healthcare.

Hui juga memiliki saham mayoritas pada salah satu klub sepakbola profesional China, Guangzhou Evergrande Taobao Football.

Beberapa miliarder pengembang properti, wirausahawan internet, dan pengusaha manufaktur China mengalami peningkatan kekayaan secara signifikan tahun ini. Sektor bisnis terbesar yang ada dalam daftar orang terkaya di China adalah real estate dan teknologi.

Kompas TV Hanya dalam 24 jam raksasa e-commerce Alibaba mencetak rekor penjualan sampai dengan 25,4 miliar dollar Amerika Serikat.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
SumberBBC.com
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM