Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan Menteri Susi ke Anies-Sandi dan Petuah Jokowi, 5 Berita Populer Ekonomi

Kompas.com - 30/11/2017, 08:30 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja Gubernur DKI Jakarta baru Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno terus menjadi sorotan. Kali ini, tantangan kinerja untuk membuat Jakarta menjadi lebih baik datang dari sosok primadona Susi Pudjiastuti.

Susi yang berada di kota Geneva, Swiss, untuk mempresentasikan kinerjanya di bidang kelautan dan perikanan pada sidang tahunan PBB menantang Anies-Sandi menjadikan Danau Sunter seapik sebuah danau di Geneva.

Baca juga : Gebrakan Menteri Susi Diakui Dunia

Susi dan Sandi sendiri memiliki "sejarah saling sindir" soal impor garam beberapa waktu lalu. Sandi waktu itu menyindir Susi, mengapa Indonesia lautnya luas tetapi harus impor garam.

Susi, balik merespons pernyataan Sandi tersebut. Melalui akun Twitter pribadinya, Susi menjawab pertanyaan yang disampaikan Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta itu.

Baca juga : Sandiaga: Indonesia Lautnya Luas tapi Impor Garam, Salahnya di Mana?

"Pak Sandi harusnya tanya kawan-kawannya pengusaha atau importir garam yang sudah puluhan tahun berdagang garam. Kenapa bisa begitu?" tulis Susi seperti dikutip dari akun Twitter pribadinya, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Sandi juga balik merespons cuitan Susi. Terhadap balasan Susi itu, Sandiaga meyakini bahwa Susi sedang menyindir kawan-kawannya, bukan dirinya.

Baca juga : Susi: Pak Sandi Harusnya Tanya Kawan-kawannya...

"Jadi Bu Susi itu maksudnya menyindir bahwa pengusaha selama ini, mana tuh, banyak kawan-kawan saya, kenapa nggak dibangun industrinya," kata Sandi.

Selain tantangan Susi, juga ada petuah Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal shifting ekonomi digital, peluang bisnis di daerah yang membesar karena infrastruktur terbangun, pola kerja dan pola kunsumsi yang berubah dan tren digital lifestye.

Baca juga : Jokowi: Ekonomi Digital Bikin Peluang Bisnis Daerah Membesar

Berikut lima berita populer kanal ekonomi Kompas.com pada Rabu (29/11/2017)yang bisa Anda simak kembali hari ini.

1. Menteri Susi Tantang Anies-Sandi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memuji sebuah danau di kota Geneva, Swiss, saat menghadiri Forum Tahunan Bisnis dan HAM di Kantor Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), baru-baru ini.

Danau yang biasa disebut sebagai Danau Geneva itu sekaligus mengingatkan Susi pada sebuah tempat di Jakarta yang menurutnya bisa ditata seperti itu.

Baca juga : Menteri Susi Tantang Anies-Sandi Buat Danau Sunter seperti di Jenewa

2. Jokowi: Masyarakat Sekarang Belanja Pengalaman, Bukan Barang

Presiden Joko Widodo mengatakan, di era digital ini terjadi banyak pergeseran di masyarakat, mulai dari pola konsumsi hingga gengsi yang sudah bukan berwujud barang.

Konsumsi masyarakat saat ini beralih jadi konsumsi pengalaman. Status gengsi seseorang pun bukan lagi persoalan memiliki barang mewah, tapi pengalaman dan petualangan apa saja yang pernah dia jalani.

Baca juga : Jokowi: Masyarakat Sekarang Belanja Pengalaman, Bukan Barang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com