Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlanjur Membuat Kesalahan di Kantor? Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 23/01/2018, 14:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat kesalahan merupakan hal yang manusiawi, tidak terkecuali di tempat kerja. Namun, membuat kesalahan di kantor kerap menjadi hal yang serius.

Sebab, kesalahan yang Anda buat bisa saja berdampak pada perusahaan, membahayakan hubungan dengan klien, hingga masalah hukum. Lalu, apa yang harus dilakukan? Mengutip The Balance, Selasa (23/1/2018), berikut ini 5 hal yang harus Anda lakukan jika membuat kesalahan di kantor.

1. Akui Kesalahan

Segera setelah Anda mengetahui bahwa Anda melakukan kesalahan, akuilah kepada atasan Anda. Namun, apabila kesalahan Anda tidak signifikan dan tidak berdampak pada siapapun atau Anda bisa perbaiki, segeralah perbaiki kesalahan itu.

Jangan pernah menyembunyikan kesalahan Anda. Sebab, keadaan bisa saja bertambah buruk.

Baca juga: Agar Sukses dalam Karier, Hindari Kebiasaan Bergosip di Kantor

2. Berikan Rencana Memperbaiki Kesalahan

Ketika membuat kesalahan, berikan rencana kepada atasan Anda untuk memperbaiki kesalahan Anda. Pastikan bahwa Anda memiliki solusi yang efektif dan presentasikan dengan baik.

Jangan lupa pastikan bahwa Rencana B Anda tersusun dengan baik. Jangan lewatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah.

3. Jangan Salahkan Orang Lain

Dalam lingkungan kerja tim, ada kemungkinan orang lain juga akan menanggung kesalahan yang Anda buat. Jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ada, sebaliknya, hadapilah atasan Anda bersama anggota tim yang lain.

4. Minta Maaf, Namun Jangan Salahkan Diri Sendiri

Ada perbedaan antara bertanggung jawab dengan menyalahkan diri sendiri. Akui kesalahan Anda, namun jangan menyalahkan diri sendiri bahwa itu sepenuhnya kesalahan Anda.

Jika Anda terus-menerus menyalahkan diri sendiri, orang lain akan terus mengingatnya. Lebih baik biarkan atasan Anda mengingat tindakan yang Anda lakukan setelah membuat kesalahan.

5. Atur Waktu dalam Memperbaiki Kesalahan

Kesalahan memang sebaiknya diperbaiki semaksimal mungkin. Namun, perlu diperhatikan pula jadwal dan persyaratan jam kerja Anda.

Jangan sampai Anda menyalahi waktu lembur Anda untuk memperbaiki kesalahan. Mintalah izin kepada atasan Anda jika Anda perlu tambahan jam kerja untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com