Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGN Amankan Kebocoran Pipa Gas di Cawang

Kompas.com - 13/03/2018, 09:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGN) langsung bertindak melakukan pengamanan saat salah satu pipa gas miliknya di Cawang mengalami kebocoran. Perusahaan pelat merah itu juga langsung menyiapkan skenario agar pasokan gas ke konsumen tetap lancar.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama mengatakan masalah kebocoran itu terjadi bukan karena kekeliruan pemasangan, melainkan disebabkan proses galian proyek light rail transit (LRT). Pasalnya, pelaksana subkontraktor proyek LRT tidak berkoordinasi dengan kontraktor proyek.

"Informasi sementara yang kami peroleh, gas bocor akibat terkena pekerjaan galian proyek LRT," kata Rachmat dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

"Saat ini yang terpenting, tim di lapangan sudah mengamankan kebocoran, dengan tindakan awal kami adalah menutup valve di depan BNN, Cawang, dan Rusun Bidara Cina," tambah dia.

Baca juga: Kebocoran Pipa Gas Tertangani, Jalan MT Haryono Kembai Dibuka

Kemudian, untuk mencegah terhentinya pasokan gas ke konsunen, PGN melakukan skenario buka tutup valve. Tujuannya agar gas tidak keluar di lokasi kebocoran dan tidak banyak lokasi yang terkena dampak.

Adapun lokasi terjadinya kebocoran sudah diberi perimeter pengamanan. Lalu lintas ditutup untuk sementara waktu, dan perusahaan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Sebelumnya, pada Senin (12/3/2018) sekitar jam 20.00 terjadi kebocoran pada pipa gas di Cawang. Kebocoran tersebut disebabkan galian proyek LRT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com