Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjlok 52 Persen, Laba PGN Capai 147,78 Juta Dollar AS

Kompas.com - 04/04/2018, 22:32 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja PT Perusahaan Gas Negara Tbk alias PGN tergolong loyo sepanjang tahun 2017 lalu. Mengutip laporan keuangan yang dipublikasikan, Rabu (4/4/2018), perusahaan mencatatkan pendapatan bersih sebesar 2,96 miliar dollar AS, naik 1,19 persen dibandingkan 2016 yang sebesar 2,93 miliar dollar AS.

Namun, beban pokok pendapatan yang tinggi menekan kinerja laba bruto perusahaan menjadi 797,23 juta dollar AS, turun 10,11 persen dibandingkan tahun 2016.

Akibatnya, laba tahun berjalan emiten berkode saham PGAS ini anjlok 52,1 persen menjadi 147,78 juta dollar AS pada tahun lalu. Pada 2016, perusahaan mampu membukukan laba mencapai 308,58 juta dollar AS.

Mengutip laporan tahunan yang dipublikasikan perusahaan, PGAS menghadapi sejumlah tantangan sepanjang 2017. Seperti masih rendahnya rata-rata harga minyak, yang berada pada level 49 dollar AS per barrel tahun. Selisih yang lebih kecil antara harga minyak dan gas bumi menjadikan konversi dari industri berbahan bakar minyak atau high speed diesel ke gas menjadi pilihan yang kurang menarik bagi banyak konsumen potensial.

Baca juga: Nilai Pengalihan Saham PGN Lebih Tinggi dari Harga Reguler

Harga minyak yang rendah juga memberikan tekanan pada entitas anak pada sektor hulu minyak dan gas, PT Saka Energi Indonesia (SEI), karena sejumlah aset diakuisisi pada saat harga minyak masih cukup tinggi. Sehingga terdapat faktor non cash yang mengikis laba bersih perusahaan walaupun secara fundamental kinerja masih cukup baik.

Pertumbuhan perekonomian nasional tahun 2018 yang belum naik signifikan dan diperkirakan masih di bawah target berimbas pada kinerja perusahaan. Untuk meningkatkan kinerja Perusahaan di luar bisnis gas, PGAS berkomitmen melakukan ekspansi di bidang telekomunikasi, konstruksi & enjinering, kelistrikan serta properti melalui anak usaha dan afiliasi. (Agung Jatmiko)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Laba Perusahaan Gas Negara (PGN) turun 52,1% pada 2017


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com