Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Janjikan Syarat Fleksibel untuk Penerima Kredit Pendidikan

Kompas.com - 10/04/2018, 18:37 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Tabungan Negara (BTN) meluncurkan program Kredit Pendidikan untuk jenjang pendidikan tinggi pada Selasa, (10/04/2018).

Direktur Utama BTN Maryono menyebut kredit pendidikan yang diberikan oleh BTN memiliki persyaratan yang fleksibel.

"Kredit pendidikan ini bisa diberikan kepada mereka yang berpendapatan, baik pendapatan tetap maupun tidak tetap. Jadi bisa dikatakan sistem kreditnya fleksibel," ujar Maryono ketika ditemui Kompas.com seusai acara Peluncuran Kredit Pendidikan BTN di Gedung D Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Selasa (10/04/2018).

Menurut Maryono, untuk mahasiswa yang belum memiliki pendapatan, seperti mahasiswa jenjang S1, kredit pendidikan akan disalurkan melalui orang tua mahasiswa yang bersangkutan.

Jumlah dana yang dapat diberikan tergantung pada cash flow pemohon kredit, sehingga tidak semua diberi dana kredit sebesar Rp 200 juta.

Berbeda dengan sistem kredit pendidikan lain yang dibayarkan selepas mahasiswa lulus dan bekerja, BTN memberikan dana kredit dalam satu waktu selepas penandatangan akad kredit dan harus dibayarkan baik bunga dan kredit pokoknya secara mencicil selama 5 tahun.

Untuk mahasiswa yang tidak dapat membayar kredit dalam jangka waktu 5 tahun, dirinya telah bekerja sama dengan perguruan tinggi terkait untuk menahan ijazah mahasiswa ketika lulus. Sementara untuk debitur KPR BTN yang tidak dapat mencicil, kredit pokok dan bunga ditambahkan pada KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

BTN secara bertahap juga berencana untuk kembangkan kredit pendidikan di universitas swasta selepas evaluasi dalam waktu enam bulan ke depan. Selain itu, BTN juga berencana untuk kembangkan kredit pendidikan untuk jenjang jenjang sekolah menengah swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com