Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Asing Pemberi Pinjaman di Fintech Nasional Meningkat

Kompas.com - 04/06/2018, 13:51 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi finansial (tekfin) berbasis peer to peer lending optimistis minat pemberi pinjaman alias lender asing berinvestasi di Indonesia bisa terus meningkat.

Mengutip Kontan.co.id, Senin (14/6/2018) PT Investree Radhika Jaya (Investree), memperkirakan pemberi pinjaman asing bisa bertambah dua kali lipat di 2018.

Co-Founder dan CEO Investree Adrian Gunadi mengatakan, saat ini Investree memiliki lender sebanyak 30.000 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 20.000 lender di antaranya yang aktif bertransaksi.

Dari lender yang aktif, jumlah lender asing menyumbang kurang dari 5%. "Estimasinya meningkat dua kali lipat dari sisi jumlah lender. Namun lokal masih akan tetap mendominasi," kata Adrian, akhir pekan lalu.

Co-Founder dan CEO Modalku Reynold Wijaya menyebutkan, porsi lender asing masih belum sebesar investor lokal. Setidaknya dari jumlah investor sebanyak 50.000 investor, jumlah lender asing hampir 10 persen.

"Untuk lender asing kami tidak ada target, yang penting ada balance. Kami sangat senang bisa menarik uang asing masuk ke Indonesia. Buat kami cukup membanggakan," kata Reynold.

Pemain tekfin P2P yang lain, Akseleran masih akan memfokuskan investor dalam negeri meskipun tak memungkiri minat asing memang besar.

"Ada beberapa cukup tertarik. Namun karena masalah pajak warga negara asing (WNA) akan cukup susah untuk kami bantu hitungkan, maka kami mau fokus dulu ke yang domisili indonesia," kata Christopher Gultom, Direktur Akseleran

Sampai akhir Mei 2018, Akseleran sudah menyalurkan pembiayaan Rp 53 miliar sampai Rp 54 miliar. Sedangkan jumlah anggotanya mencapai sekitar 15.000 orang.

Jumlah lender asing di Crowdo Indonesia justru memiliki porsi dominan yakni 60% dari total pemberi pinjaman hingga akhir kuartal I-2018.

General Manager Crowdo Indonesia Cally Alexandra mengatakan, hingga Maret 2018, pihaknya sudah menyalurkan dana dari investor asing senilai Rp 100 miliar dengan total proyek yang didanai lebih dari 3.500 proyek.

Hingga akhir 2018, Crowdo memperkirakan jumlah lender asing masih akan tetap dominan.

"Kami melihatnya masih positif ke depan, porsi lender asing masih akan 60 persen," kata Cally. Ketertarikan asing masuk dan berinvestasi di Indonesia karena tingkat suku bunga di luar negeri lebih rendah dibanding di Indonesia.

Saat ini, Crowdo Indonesia sudah memiliki 35.000 anggota yang tergabung. Perusahaan ini memperkirakan jumlah anggota bisa mencapai 100.000 orang di akhir 2018.

Sementara itu target penyaluran pembiayaan Rp 20 miliar–Rp 30 miliar per bulan. Jumlah itu meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kata Cally, tahun lalu Crowdo menyalurkan pembiayaan Rp 10 miliar–Rp 15 miliar per bulan.

"Tahun ini kami memproyeksikan total pembiayaan mencapai Rp 500 miliar," kata Cally, Kamis (31/5/2018).

Namun, dia tak menyebutkan realisasi pembiayaan di tahun lalu. Hanya saja, ia meyakini bisa meningkatkan jumlah dan target pembiayaan yang lebih tinggi dibanding realisasi akhir tahun lalu.

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pemberi pinjaman asing di tekfin meningkat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com