Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Kelancaran Transaksi Saat Lebaran, BI Surati Bank

Kompas.com - 07/06/2018, 04:05 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia memastikan pelayanan perbankan selama Ramadhan dan Lebaran berjalan lancar. Untuk mendukung hal ini, Bank Indonesia telah mengirimkan surat ke bank-bank besar untuk menjaga kualitas layanan mereka.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan, surat tersebut telah disalurkan melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dikirimkan kepada bank-bank nasional maupun swasta.

Salah satu hal yang disampaikan BI dalam surat tersebut adalah, perbankan wajib memberikan pelayanan digital secara baik, termasuk alat pembayaran menggunakan kartu (APMK).

"Pelaku sistem pembayaran wajib memastikan keandalan infrastrukturnya. Jadi masalah sistem yang macet-macet ini harus langsung diselesaikan," ujar dia di Gedung BI, Rabu (6/6/2018).

Baca juga: Bank Indonesia Bantah Inflasi Rendah Terkait Penurunan Daya Beli

Lebih lanjut Rosmaya mengatakan, perbankan juga harus memastikan layanan call center beroperasi setiap hari secara penuh. Selain itu, standar keamanan juga harus dijaga.

"Bank harus menyediakan perangkat fraud detection (deteksi penipuan). Fraud detection ini perlu dipastikan," ujar dia.

Rosmaya mencontohkan, salah satu praktik penipuan yang kerap dilakukan oleh lembaga-lembaga penyedia sistem pembayaran adalah transaksi gesek tunai kartu kredit atau yang biasa disebut gestun.

"Marilah kita kerja sama bahwa itu dilarang. Tolong dilaporkan kepada pengawas kita. Nanti akan ditindak karena itu merugikan. Kita tentu dapat uang, tapi tingkat suku bunganya? Itu akan mengacaukan data," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com