Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunker ke Jambi, Menteri Jonan Bakal Resmikan Sumur Bor Air Tanah

Kompas.com - 06/08/2018, 08:05 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAMBI, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi, Senin (6/8/2018).

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Jonan bakal meresmikan sumur bor air tanah dan menyerahkan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) kepada warga di Desa Kemingking Dalam, Taman Rajo, Muaro Jambi.

Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian ESDM, terdapat sembilan sumur bor air yang direncanakan tersebar di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Adapun sumur bor air tanah yang diresmikan hari ini oleh Jonan merupakan sumur bor air tanah kedua yang rampung dibangun di Jambi sejak 2017 silam.

Baca juga: Menteri Jonan: Pasokan Premium akan Dievaluasi jika Permintaan Memang Rendah

Oleh karenanya, saat ini masih terdapat tujuh sumur bor air tanah yang masih dalam tahap pembangunan. Sementara itu, secara keseluruhan, Badan Geologi Kementerian ESDM telah membangun 1.878 sumur bor air tanah di seluruh Indonesia untuk melayani 5,4 juta jiwa.

Selain itu, Jonan juga akan menyerahkan unit-unit LTSHE ke masyarakat Desa Kemingking Dalam. Hal itu sejalan dengan program pemerintah yang ingin memberikan penerangan ke desa-desa tertinggal, terdepan, dan terluar yang jauh dari akses PLN.

Sebagai informasi, pada 2018 Kementerian ESDM melaksanakan program LTSHE di 15 provinsi. Kementerian ESDM menggelontorkan Rp 600 miliar untuk memasang 175.000 unit LTSHE di 15 provinsi tersebut.

Salah satu provinsi yang akan menjadi lokasi pemasangan LTSHE adalah Jambi, dengan jumlah unit sebanyak 807 unit di 3 yang ada di dua kecamatan dan dua kabupaten/kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com