Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitch: Perang Dagang Bisa Pengaruhi Indonesia

Kompas.com - 03/09/2018, 14:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat global Fitch Ratings menyatakan, ketegangan perdagangan yang saat ini terjadi dapat memengaruhi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

AS dan China saling melemparkan bola panas perang dagang, yang memengaruhi perdagangan global secara keseluruhan.

"Intensifikasi ketegangan perang dagang global cenderung akan memengaruhi Indonesia, utamanya melalui sentimen kepada negara berkembang dan harga komoditas yang lebih rendah," tulis Fitch dalam pernyataannya, Senin (3/9/2018).

Fitch menyatakan, ketegangan perdagangan dapat menyebabkan defisit transaksi berjalan Indonesia semakin melebar. Fitch memperkirakan defisit transaksi berjalan Indonesia mencapai 2,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2018.

Selain itu, dengan pemilihan presiden (pilpres) yang kian dekat, ketidakpastian akan melingkupi investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI), meskipun pemerintah sudah menggenjot reformasi struktural sejak September 2015 silam.

"Jumlah dan durasi prosedur birokrasi telah dikurangi dan pendekatan terkait upah minimum yang lebih terstandar juga telah dilakukan," sebut Fitch.

Pemerintah menargetkan defisit fiskal turun ke level 2,1 persen dari PDB pada tahun 2018 dan 1,8 persen dari PDB pada tahun 2019. Pada tahun 2017, defisit fiskal tercatat mencapai 2,5 persen dari PDB.

"Ekspektasi defisit fiskal Fitch, yakni 2,3 persen dari PDB pada tahun 2018 dan 2,1 persen dari PDB pada tahun 2019 lebih tinggi dibandingkan target resmi (pemerintah)," tutur Fitch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com